Tech

Disebut Jadi Pesaing Instagram, Apa itu Aplikasi BeReal?

Jingga Irawan

Posted on August 21st 2022

Tumbuh di era kuatnya media sosial, anak muda saat ini menyaring, Facetuning, dan merasakan tekanan besar untuk menggambarkan kehidupan yang sempurna. Sekarang, satu aplikasi mencoba mengubah semua itu.

Platform berbagi foto  mirip Instagram asal Prancis BeReal menyebut dirinya sebagai aplikasi yang berbeda dari media sosial lain dan mendorong pengguna untuk mem-posting konten "nyata.” Tanpa jumlah suka atau pengikut, penekanan BeReal pada keaslian bergema di kalangan remaja.

Aplikasi ini memberi tahu pengguna secara acak setiap hari untuk membagikan snapshot dari apa yang mereka lakukan dalam sebuah post selama dua menit. Tujuannya adalah untuk memberi teman-teman pengguna pandangan sekilas soal post-ing tanpa edit dan filter ke dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Para ahli menyebut BeReal memiliki potensi untuk membantu anak-anak yang mungkin berjuang dengan masalah harga diri dan kecemasan. Penasaran dengan aplikasinya? Berikut detail dan cara mendaftar akun:

Apa itu BeReal?

BeReal adalah aplikasi berbagi foto yang meminta pengguna untuk memposting satu foto tanpa filter per hari. Aplikasi ini diluncurkan pada akhir 2019, tetapi popularitasnya mulai meledak pada pertengahan 2022. Saat ini aplikasi Jejaring Sosial teratas di App Store dan telah diinstal sekitar 29,5 juta kali.

Bagaimana cara kerja BeReal?

Aplikasi BeReal mengirimkan pemberitahuan untuk semua pengguna secara acak setiap hari.  Waktunya bisa Pagi maupun Sore hari. Pengguna di zona waktu yang sama mendapatkan peringatan secara bersamaan. Mereka kemudian diberi waktu dua menit oleh aplikasi untuk mengambil foto dan membagikannya dengan pengikut mereka.

Dan itu juga bukan hanya satu foto. BeReal menggunakan kamera depan dan belakang untuk mengambil foto selfie bersama dengan kegiatan yang kalian lakukan menggunakan kamera belakang. Jadi, jika kalian sudah terbiasa dengan filter kecantikan, bersiaplah... pasalnya aplikasi ini tak memiliki fitur pengeditan foto.

Saat mengambil foto, aplikasi akan hitung mundur selama dua menit. Artinya, kalian tak akan sempat make up, atau mengedit foto terlebih dahulu di afterlight. Jadi, tak ada perencanaan dan persiapan untuk meng-upload konten terbaik dengan polesan. Plus, tak akan ada konten yang menumpuk. Kalian cukup membagikan apa pun yang kalian lakukan saat notifikasi masuk.

Setelah kalian mem-posting BeReal, kalian juga akan dapat menelusuri foto teman dan melihat apa yang mereka lakukan. Tak seperti platform sosial lainnya, tak ada pilihan untuk menyukai foto lain. Jika kalian ingin terlibat dengan sebuah posting-an, kalian harus mengambil reaksi selfie atau menulis komentar

Cara Menggunakan BeReal

1. Buat akun

BeReal tersedia untuk pengguna Android dan iOS, jadi pertama-tama, unduh aplikasinya. Untuk membuat akun, kalian harus memasukkan nomor telepon, nama lengkap, tanggal lahir, dan nama pengguna.

2. Terhubung dengan teman

Setelah membuat akun dan masuk, kalian dapat menyinkronkan kontak untuk menemukan teman di aplikasi.

3. Ambil BeReal pertama

BeReal akan meminta kalian untuk mengambil gambar tepat setelah kalian membuat akun. Klik pada notifikasi dan ambil foto pertama kalian dalam dua menit.

4. Tambahkan keterangan dan bagikan foto

Setelah kalian menambahkan keterangan, kalian dapat memilih apakah kalian ingin berbagi foto dengan semua orang atau hanya dengan teman. Lalu, klik Kirim untuk mem-posting! Mudah kan? (*)

Foto: App Store

Artikel Terkait
Tech
Instagram Kembangkan Fitur Baru, Tapi Disebut Mirip BeReal

Tech
BeReal Sukses Besar! Sekarang Punya 10 Juta Pengguna Aktif Harian

Tech
Google Bakal Punya Dua Aplikasi Bernama Meet