Tech

Tak Usah Panik, Begini Cara Memulihkan File Microsoft Office yang Lupa Disimpan

Dwiwa

Posted on August 19th 2022

Ada yang pernah merasa panik karena lupa menyimpan file Microsoft Word atau Excel saat laptop atau komputer tiba-tiba mati? Rasanya seluruh energi langsung hilang saat kembali menyalakan laptop dan mendapati semua pekerjaan atau pun tugas tidak lagi meninggalkan jejak.

Tapi, tahu nggak sih meskipun tidak menyimpan pekerjaan kalian itu agak berbahaya, kehilangan dokumen semacam itu bukan akhir segalanya. Pasalnya, ada cara mudah untuk mendapatkan kembali file tersebut dengan menggunakan alat pemulihan yang ada di dalam aplikasi Office yang kalian gunakan.

Saat kita mengerjakan dokumen di Word, Excel, atau aplikasi Office lainnya, file tidak hanya dicadangkan ketika menekan tombol "Simpan". Ada juga fitur auto-save yang dapat secara otomatis menyimpan dokumen dalam rentang waktu 5 atau 10 menit sekali.

Tetapi selain itu, Microsoft Office juga memiliki data untuk file tersebut yang disimpan ke folder roamingnya di folder AppData akun pengguna. Folder yang biasanya tidak terlihat oleh sebagian besar orang ini akan menyimpan data dari berbagai aplikasi Windows untuk akun pengguna yang kalian pakai.

Dalam kebanyakan kasus, dokumen Office yang belum disimpan yang baru saja ditutup dapat ditemukan di sini. Dilansir Lifehacker, ada dua metode utama untuk menemukannya. Pertama, kalian bisa langsung membuka folder roaming yang berisi dokumen yang hilang.

Caranya, buka aplikasi yang awalnya kalian tutup, klik tab "File" di kiri atas, lalu pilih "Info." Sekarang, klik "Kelola Dokumen (Manage Document)", lalu pilih "Pulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan (Recover Unsaved Document)".

Berikutnya, pilihlah file yang tidak sengaja ditutup tanpa disimpan, lalu klik "Simpan Sebagai (Save As)" untuk memastikan kalian tidak kehilangannya lagi.

Jika kalian ingin merasa sedikit “berteknologi", ada metode yang lebih canggih yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang sama. Tekan Windows + R untuk membuka jendela "Jalankan (Run)". Kemudian, ketik %appdata% dan jalankan untuk membuka folder roaming.

Dari sini, ikuti jalur file ke folder aplikasi kalian (misalnya, buka folder Microsoft, lalu folder Word). Ini adalah folder tempat metode pertama membawa kalian secara langsung, jadi file yang hilang akan terlihat. Langkah selanjutnya tinggal buka lalu simpan.

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Google Docs Kini Punya Fitur Watermark

Tech
Microsoft Rilis Fitur Transcribe dan Dictate untuk Word

Tech
Cara Mengunci File Word agar Tugasmu Nggak Sembarangan Dicontek