Interest

Mahasiswa UB Ciptakan Detergen Ramah Lingkungan dari Cangkang Kerang Lokan

Dwiwa

Posted on August 18th 2022

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat produk inovatif berupa detergen ramah lingkungan dari cangkang kerang Lokan. Produk yang diberi nama TemanBumi ini memiliki formulasi 9 in 1 untuk mengatasi permasalahan saat mencuci pakaian. Nama TemanBumi dipilih sebagai bentuk rasa kepedulian untuk menjaga Bumi layaknya jalinan pertemanan.

Dilansir laman resmi Universitas Brawijaya, TemanBumi digagas dan diciptakan oleh sekelompok mahasiswa UB yang tergabung dalam salah satu tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang berhasil meraih pendanaan PKM 8 Bidang Tahun 2022 dari Ditjen Diktiristek melalui Belmawa.

Tim tersebut terdiri dari Roofi Cahyaningtyas, Mayza Nur Sabilla, Tarisa Putri Lukiyanto (Budidaya Perairan), Aldi Surya Alamsyah (Teknologi Hasil Perikanan), dan Muhammad Nazri Adlani (Fisika).

“Ide pembuatan detergen TemanBumi ini bermula karena menjamurnya usaha laundry di daerah yang terdapat kos-kosan dan kontrakan yang menyebabkan meningkatnya permintaan detergen dipasaran,” ujar Roofi, salah satu anggota tim.

Roofi memaparkan, berkembangnya usaha laundry ini membuat banyak pelaku yang langsung membuang limbah detergen ke badan air sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tahun 2017 menetapkan (SNI) baru, agar hanya produk detergen ramah lingkungan yang beredar di Indonesia.

“Hal inilah yang menjadikan peluang untuk kami menciptakan detergen TemanBumi,” katanya.

TemanBumi dibuat dari ekstrasi cangkang kerang lokan yang dipadukan dengan bahan lainnya kemudian dicetak berbentuk granule ball yang dikemas dengan plastik gel berupa water soluble film dari sodium alginate yang larut dalam air, sehingga dapat meminimalisir penggunaan sampah plastik untuk kemasan. TemanBumi memiliki 4 varian aroma yaitu Bubble Gum, Lavender, Milk Coffee, dan Wild Berries.

Detergen ramah lingkungan ini memiliki formulasi 9 in 1 sebagai detergen yang antibakteri, antikarat, antiredeposisi, biodegradable, brightener, fabric protector, low suds, skin sensitive friendly, dan stain remover.

Dengan formulasi lengkap ini, TemanBumi dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 45.000,00/ cup kapasitas 20 pcs atau Rp 2.500,00 per pcs. Setiap pcs bisa digunakan untuk 5-6 kg pakaian. TemanBumi dipasarkan secara daring di lokapasar seperti Shopee dan Tokopedia dengan nama toko TemanBumi.ofc.

“Penggunaan detergen TemanBumi sangatlah mudah, tinggal meletakkan pakaian ke mesin cuci, kemudian memasukkan detergen TemanBumi ke dalam mesin cuci dengan kemasan yang tidak perlu disobek karena akan larut dengan air, selanjutnya isi dengan air secukupnya dan atur putaran cucian,” jelas Mayza.

Sementara menurut Qurrota A’yunin, dosen pendamping dari FPIK produk detergen TemanBumi dapat memotivasi industri produsen detergen di Indonesia untuk saling berlomba-lomba menciptakan produk sehari-hari dengan menerapkan prinsip green manufacturing.

Harapannya dengan adanya detergen TemanBumi dapat memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pengusaha laundry serta dapat mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. (*)

 

Foto: laman Universitas Brawijaya

Artikel Terkait
Interest
Ditangan Mahasiswa Fapet UB, Tanaman Sambiloto Bisa Jadi Antibiotik Alternatif

Interest
Rancang Pabrik Ramah Lingkungan, Mahasiswa UNPAR Raih 2 Juara di IChEC 2022

Interest
Hydro Cubes, Inovasi Mahasiswa UGM untuk Tingkatkan Kemampuan Tanah Menahan Air