Interest

Mengintip Logo Resmi Piala Dunia U-20 2023 yang Bakal Digelar di Indonesia

Dwiwa

Posted on August 18th 2022

Logo resmi Piala Dunia U-20 2023 telah diperkenalkan oleh FIFA tepat di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada Rabu, 17 Agutus 2022. Logo ini hadir dalam bentuk trofi turnamen dengan berbagai warna di dalamnya.

FIFA menyebut jika warna merah dan putih pada logo terinspirasi dari bendera nasional Indonesia. Sedangkan warna biru kehijauan menjadi lambang pesona laut Indonesia dan arusnya yang mengalir di seantero kepulauan.

Sementara mahkota pada logo Piala Dunia U-20 2023 menunjukkan gairah dunia terhadap sepak bola di berbagai dunia. FIFA berharap, lewat logo ini para pecinta sepak bola dan pemain di seluruh dunia dapat melihat bagaimana turnamen tersebut akan diselenggarakan di jantung Asia Tenggara dengan hasrat, warna, keanekaragaman dan semangat perayaan kompetisi.

Sementara Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza menyebut bahwa pengumuman logo Piala Dunia U-20 2023 menjadi kesempatan penting bagi Indonesia untuk menunjukkan hasrat besar kepada dunia sepak bola.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu pengembangan sepak bola Indonesia. Kami yakin akan ada warisan infrastruktur yang menguntungkan sepak bola Indonesia di masa depan,” papar Jaime seperti dilansir dari Antara.

Di sisi lain, peluncuran lambang resmi ini juga mendapat sambutan baik dari PSSI yang merupakan induk organsisasi sepak bola Indonesia.

“Peluncuran lmabang resmi Piala Dunia U-20 2023 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

Bersamaan dengan peluncuran logo ini juga dirilis video pendek tentang Piala Dunia U-20 2023. Dalam video tersebut terlihat cuplikan keindahan alam Indonesia. Kemudian ada juga anak bertelanjang dada yang menggocek bola dengan kakinya. Video itu ditutup dengan rekaman turnamen edisi sebelumnya.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni tahun depan. Akan ada 24 negara yang mengikuti turnamen, termasuk Indonesia yang menjadi tuan rumah. (*)

 

Foto: Laman PSSI

Artikel Terkait
Sport
Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Masih 'On Schedule'

Sport
Kenalin Bacuya, Badak Jawa yang Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Sport
Tragedi Kanjuruhan, Duka Komintas Sepak Bola Dunia