Tech

WhatsApp Punya Aplikasi Asli di Windows yang Berfungsi Mandiri

Jingga Irawan

Posted on August 17th 2022

Aplikasi baru WhatsApp di Windows nggak lagi mengharuskan kalian menautkan ponsel untuk mengirim, menerima, dan menyinkronkan pesan. Pembaruan di situs WhatsApp mengungkapkan aplikasi Windows yang bersifat mandiri sudah tersedia untuk diunduh di Microsoft Store.

Sebelumnya, pengguna di Windows harus mengunduh aplikasi desktop berbasis web WhatsApp atau mengakses layanan pesan tersebut dari browser web. Sekarang, telah tersedia aplikasi baru yang asli untuk Windows. Menurut WhatsApp, itu seharusnya membuat aplikasi lebih cepat dan lebih responsif.

WhatsApp terbaru memiliki UI yang sedikit lebih bersih jika dibandingkan dengan versi aplikasi sebelumnya. Tetapi sebenarnya nggak jauh berbeda.

Perubahan terbesar lainnya adalah kalian nggak perlu lagi mengatur agar ponsel kalian online untuk menyinkronkan pesan antara ponsel dan aplikasi desktop. WhatsApp mengatakan sedang bekerja pada aplikasi asli untuk macOS juga.

Baca Juga: Teks Proklamasi Asli yang Ditulis Tangan Soekarno Sempat Dibuang

Fitur multi-perangkat WhatsApp telah sepenuhnya diluncurkan dan keluar dari versi beta. Ini memungkinkan kalian menautkan hingga empat perangkat ke akun WhatsApp tanpa memerlukan ponsel Anda. Kalian juga nggak perlu lagi khawatir, karena WhatsApp tetap menyediakan enkripsi end-to-end.

Pada April, WABetaInfo menemukan tangkapan layar dari WhatsApp versi beta di Android yang menunjukkan bahwa platform tersebut akan segera menambahkan dukungan multi-perangkat untuk tablet. Namun, untuk saat ini, WhatsApp hanya memungkinkan kalian menautkan komputer ke akun kalian.

Menggunakan perangkat yang ditautkan memang memiliki beberapa batasan. Misalnya, jika kalian menggunakan iPhone sebagai perangkat utama, kalian nggak bisa menghapus obrolan. Kalian juga nggak dapat mengirim pesan dengan pratinjau tautan dari web WhatsApp, mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan WhatsApp versi sangat lama, serta melihat lokasi langsung.(*)

Foto: WhatsApp

Artikel Terkait
Tech
Finally! WhatsApp Communities Dirilis Buat Pengguna Beta

Tech
Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp

Tech
WhatsApp Bakal Lebih Efektif Deteksi Scammers