Interest

Teks Proklamasi Asli yang Ditulis Tangan Soekarno Sempat Dibuang

Jingga Irawan

Posted on August 16th 2022

Selalu ada ribuan cerita menarik di belakang peristiwa besar. Nggak terkecuali saat proses maupun sesudah kemerdekaan Republik Indonesia. Sudah tahu belum? Naskah asli dari teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno sempat dibuang ke tempat sampah, lho.

Itu terjadi karena pada dini hari, Jum’at 17 Agustus 1945, Sayuti Melik menyalin hasil tulisan tangan tersebut menggunakan mesin ketik. Saat itu, pihak yang terlibat mengira bahwa naskah hasil tulis tangan nggak diperlukan lagi. Penasaran dengan kisah selengkapnya? Let MainMain catch you up!

Dilansir dari publikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, naskah teks proklamasi dirumuskan oleh tiga orang, yakni, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo. Naskah tersebut ditulis oleh Ir. Soekarno di rumah Laksamana Tadashi Maeda, tepatnya di Jalan Meiji Dori. Kini, jalan tersebut berubah menjadi Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta Pusat.

Setelah dirumuskan nih, naskah tersebut melalui proses persetujuan sidang yang terdiri dari sekitar 40 orang. Kemudian diketik menggunakan mesin tik oleh Sayuti Melik. Nah, setelah momen ini lah, naskah teks proklamasi asli bertulis tangan itu dibuang.

Namun, seorang tokoh pers dan diplomat ternama dari Banda Aceh, Burhanuddin Mohammad Diah, menyimpannya sebagai dokumen pribadi seusai rapat perumusan proklamasi pada 17 Agustus 1945. Lima puluh tahun kemudian, Burhanuddin memberikan naskah tersebut kepada Presiden Soeharto yang kala itu masih menjabat. Kemudian, naskah disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia.

Kondisi kertas dari teks proklamasi asli tulis tangan nggak lagi mulus. Terdapat 15 lubang karena dimakan serangga. Warnanya pun juga menguning. Untungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih memiliÄ·i versi scan yang bisa dibaca. Saat ini, kertas tersebut dilapisi tisu Jepang agar nggak semakin rusak. Keren ya?(*)

Foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Artikel Terkait
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Yuk! Intip Pemandangan Cantik "Pulau Ungu" di Korea Selatan

Interest
Cuti Bersama Dipotong Jadi Tinggal 2 Hari, Cek Jadwal Libur Terbaru 2021