Interest

Rekomendasi Film Perjuangan yang Pas Ditonton saat HUT ke-77 RI

Dwiwa

Posted on August 16th 2022

Momentum peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia menjadi waktu yang pas untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan menonton film bertema perjuangan..

Sejak Indonesia merdeka, sudah banyak sekali kisah perjuangan para pahlawan yang diangkat ke dalam film. Karya-karya tersebut tidak hanya membuat kita tahu bagaimana luar biasanya para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia, tetapi juga dapat membangkitkan semangat nasionalisme yang mulai memudar.

Berikut beberapa film perjuangan yang bisa kamu tonton. 

 

1. Kadet 1947 (2021)

Film pertama yang cocok untuk ditonton adalah Kadet 1947 (2021). Film yang disutradarai Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini menceritakan perjuangan sejumlah kadet atau calon penerbang Angkatan Udara dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kisah dalam film ini mengambil latar sejarah saat agresi militer Belanda I. Kala itu, ketika Perang Dunia II berakhir, Belanda berusaha kembali mengambil alih Indonesia. Pergolakan pun terjadi di berbagai wilayah, terutama di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Dalam usaha untuk melawan, TNI AU berencana mengirim serangan balasan lewat operasi udara dengan menjatuhkan 300 kilogram bom ke tiga kota tersebut. Di momen inilah tujuh kadet yang masih belum terlalu menguasai medan tersebut mengemban tugas untuk melakukan serangan udara.

Film yang dibintangi Kevin Julio, Wafda Saifan, Bisma Karisma, Omara Esteghlal, Marthino Lio, Fajar Nugra, hingga Chicco Kurniawan ini memberikan contoh semangat para pemuda dalam membela tanah air. Meskipun para kadet ini masih begitu muda, mereka memiliki semangat tinggi untuk maju ke medan perang demi melawan penjajah.

2. Kartini (2017)

Sesuai dengan judulnya, film ini memang merupakan kisah biografi dari seorang R.A Kartini. Fokus yang diangkat dalam film ini adalah tentang perjuangan R.A Kartini dalam  memperjuangkan hak perempuan, khususnya dalam mendapat pendidikan tinggi.

Dikisahkan jika dalam perjuangannya menyetarakan hak perempuan, Kartini dibantu oleh kedua saudarinya Roekmini dan Kardinah.Bersama keduanya Kartini berusaha untuk membangun sekolah bagi kaum miskin.

Film yang dirilis pada 2017 ini dibintangi oleh sejumlah artis kenamaan seperti Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian, hingga Christine Hakim.

3. Jenderal Soedirman (2015)

Film ini mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Diceritakan bagaimana sang Jenderal tetap memimpin perang gerilya di Tanah Jawa meskipun sedang menderita penyakit paru-paru. Jawa pun berubah menjadi medan perang gerilya yang luas hingga membuat Belanda kewalahan.

Film yang disutradarai oleh Viva Westi ini dibintangi oleh Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Mucus, Baim Wong, hingga Lukman Sardi.

4. Soekarno (2013)

Film ini berkisah tentang kehidupan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Kisah dimulai dari lahirnya seorang bayi laki-laki bernama Kusno. Namun karena sering sakit, namanya pun akhirnya diubah menjadi Soekarno. Ayahnya berharap jika nama tersebut akan membuat sang buah hati bisa menjadi sosok ksatria.

Doa dan harapan sang ayah pun terkabul. Soekarno tumbuh menjadi sosok yang berani memperjuangkan kemerdekaan hingga akhirnya menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Tika Bravani, Lukan Sardi, hingga Sujiwo Tejo.

5. Battle of Surabaya (2015)

Buat kamu yang lebih senang dengan film animasi, Battle of Surabaya bisa menjadi tontonan yang pas di momen HUT RI ke-77 kali ini. Film dengan tampilan animasi 2 dimensi ini berkisah tentang petualangan Musa.

Sekilas, remaja ini memang terlihat hanya seperti seorang tukang semir sepatu. Tetapi sebenarnya, dia juga merupakan kurir bagi perjuangan arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 November 1945.

Film yang diproduksi oleh MSV Pictures ini pun telah mememangkan berbagai penghargaan seperti Best Animation di Berlin International Film Festival 2017, Best Animation di Milan International Film Festival 2017, dan masih banyak lagi. (*)

 

Foto: Tangkapan layar trailer film Battle of Surabaya

Artikel Terkait
Interest
5 Rekomendasi Film Untuk Bangkitkan Nasionalisme di Hari Kemerdekaan

Entertainment
Adipati Tak jadi Menikah dengan Vanesha di 'Teman Tapi Menikah 2'?

Interest
Lockdown Gelombang Kedua Diakhiri, Bioskop di Prancis Buka Lagi 15 Desember