Tech

Android 13 Hadir di Google Pixel Mulai Hari Ini

Jingga Irawan

Posted on August 16th 2022

Pembaruan Android utama tahun ini, Android 13, secara resmi dirilis untuk ponsel Google Pixel pada Selasa, 16 Agustus 2022. Pembaruan tahunan sistem operasi terkemuka itu sedikit lebih awal dari para pendahulunya. Misalnya, Android 12 dirilis Oktober lalu dan Android 11 dirilis pada September 2020.

Fitur baru dari versi Android tahun ini mungkin sudah tak asing lagi jika kalian terus mengikuti update rilis beta Android 13. Ada fitur untuk menyesuaikan ikon aplikasi non-Google agar sesuai dengan wallpaper layar beranda. Ada juga fitur baru untuk mengurangi spam notifikasi, dan opsi baru untuk membatasi foto dan video mana yang dapat diakses oleh aplikasi.

Sebelumnya, The Verge melaporkan bahwa Google berencana untuk mengejar integrasi ekosistem Apple. Beberapa buktinya terdapat dalam rilis resmi Android 13.

Pertama, terdapat dukungan audio spasial yang dirancang untuk membuat suara tampak seolah-olah berasal dari titik tetap saat kalian menggerakkan kepala sambil mengenakan headphone yang kompatibel. Fitur ini mirip seperti yang ditawarkan Apple untuk AirPods-nya.

Pengumuman perusahaan tak mengatakan secara spesifik headphone mana yang akan kompatibel. Tetapi Google sebelumnya mengumumkan bahwa upgrade Pixel Buds Pro menawarkan dukungan untuk audio spasial.

Kedua, ada kemampuan untuk memindahkan pesan dari aplikasi, termasuk Google Messages langsung ke Chromebook. Fitur ini mirip dengan iMessage di Mac. Itu adalah fitur baru yang terungkap dari Google pada bulan Januari.

Baca Juga: Get Ready! DBL Indonesia dan PASI Bakal Punya Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar

Selain aplikasi miliknya sendiri, salah satu topik promosi Google juga menunjukkan kalau fitur tersebut berfungsi pada Signal. Perusahaan juga mengatakan fitur tersebut akan kompatibel dengan banyak aplikasi pesan favorit yang lain. Pembaruan juga menyertakan fitur yang memungkinkan kalian menyalin konten dari ponsel Android, lalu diletakkan di tablet Android atau sebaliknya.

Fitur Android 13 lainnya termasuk kemampuan untuk mengatur bahasa per aplikasi, pemutar media dengan desain baru yang menyesuaikan tampilan berdasarkan apa yang pengguna dengarkan, dukungan Bluetooth Low Energy untuk kualitas suara yang lebih baik dan peningkatan multitasking pada perangkat layar besar dengan dukungan drag and drop.

Google juga merinci jajaran Pixel yang mendapatkan pembaruan Android 13 hari ini. Yakni keluarga perangkat Pixel 4, 5, dan 6. Sementara itu, pembaruan Android terbaru akan masuk ke perangkat produsen lain termasuk Samsung, Oppo, OnePlus, HMD, Motorola, Realme, Sony, Xiaomi, dan Asus akhir tahun ini.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Google Luncurkan Situs Web Baru untuk Belajar Membaca

Tech
Google Pixel Bisa Rekam & Upload Video Otomatis dalam Keadaan Darurat

Interest
Yang Terbaru dari Google di Google I/O 2019