Lifestyle

5 Cara Mengekspresikan Emosi saat Bingung dengan Perasaan Sendiri

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 15th 2022

Ada beberapa orang yang seakan gak punya emosi karena nggak terbiasa buat mengekspresikan perasaan. Akhirnya jadi seperti mati rasa dan beraktivitas dengan perasaan hampa. Buat kalian yang sulit mengeluarkan emosi, simak beberapa tips seperti yang dilansir Psychology Today.

1. Lakukan aktivitas yang melibatkan adrenalin

Coba deh kamu melakukan aktivitas yang agak menantang entah itu naik sepeda turun dari dataran tinggi, naik flying fox, naik roller coaster, lompat dari papan kolam renang, dan lain-lain. Aktivitas memicu adrenalin itu bikin kita merasa “hidup” buat sementara, jadi bikin kita ingat bahwa kita bisa merasakan hal positif juga. Pastikan aktivitas yang kamu lakukan tetap aman ya.

2. Nikmati karya fiksi

Gak ada salahnya kok menonton drama Korea yang sedih banget untuk mendorong diri menangis. Ini bikin kita merasakan emosi yang memang kita perlukan tanpa harus menghadapi latar belakang di balik emosi tersebut. Jadi kita meluapkan rasa sedih karena si karakter dulu. Kalau kamu lebih suka baca buku juga bisa dilakukan.

3. Coba ubah temperatur

Suhu bisa bikin kita kembali terhubung dengan tubuh kita sehingga mengembalikan kita ke kenyataan dan merasakan emosi sesuai kejadian yang ada. Kamu bisa coba mandi air panas, spa, kompres es batu, pokoknya sesuatu yang menimbulkan perubahan suhu.

4. Putar playlist sesuai emosi

Kalau lagi ingin merasa happy, putar lagu-lagu upbeat yang ceria. Kalau lagi mau bergalau ria, lagu-lagu sedih bisa membantu. Kamu bisa buat playlist sendiri atau dengar playlist yang sudah tersedia di platform streaming.

5. Tetap kenali emosi

Merasa mati rasa dengan emosi sendiri adalah sebuah mekanisme pertahanan diri agar kita gak merasakan emosi yang membebani diri. Namun, kita nggak bisa terus membiarkan diri tak merasakan emosi karena secara gak sadar kita akan mencari media untuk mengeluarkannya. Itu kenapa proses buat mengenali emosi harus terus diperjuangkan, semangat! (*)

 

Gambar: Storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Kesalahan dalam Menghadapi Emosi, Sering Banget Ditemui Sehari-Hari

Lifestyle
5 Hal Terkait Emosi yang Harus Kalian Hindari buat Menjaga Hubungan

Lifestyle
5 Langkah Validasi Emosi, Hal Dasar untuk Mengatur Perasaan Sendiri