Lifestyle

4 Manfaat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga, Bagus buat Kesehatan Mental

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 15th 2022

Kamu hobi cuci piring seperti Bang Ian? Atau menikmati waktu cuci baju sebagai anak kos karena terasa menenangkan? Ternyata melakukan pekerjaan rumah tangga memang ada manfaatnya lho buat kesehatan mental. Simak beberapa manfaatnya seperti yang dilansir Psychology Today.

Bikin kita melakukan olahraga mini

Olahraga mini atau exercise snack adalah aktivitas fisik singkat misalnya menyapu, naik-turun tangga jalan-jalan beberapa menit, pokoknya aktivitas fisik singkat setelah kita tak beraktivitas. Ini bisa bikin mood kita lebih baik sampai menurunkan gula darah.

Meningkatkan motivasi

Buat kalian yang rasanya berat banget melakukan sesuatu, coba deh mulai beres-beres. Ini karena melakukan hal-hal kecil seperti cuci piring, merapikan kasur, menyusun baju, dan lain-lain menimbulkan rasa puas karena kita berhasil menyelesaikan sesuatu. Nah, kesuksesan kecil-kecil itu deh yang bikin kita terpacu buat melakukan hal lainnya. Istilahnya sih self-efficacy, kepercayaan seseorang bahwa dirinya mampu mencapai tujuan mereka.

Mengurangi stres

Ada yang suka tiba-tiba merapikan meja atau mengubah susunan kamar saat mau mengerjakan sesuatu? Mungkin itu dorongan biar kita meredakan stres. Ini karena melihat sesuatu yang berantakan meningkatkan hormon kortisol, hormon yang bikin kita stres, dan ini juga bikin kita susah fokus. Makanya merapikan tempat belajar bisa bikin kita gak terlalu stres dan bisa fokus.

Me time

Agak terdengar aneh ya me time dengan cara mengerjakan pekerjaan rumah tangga, tapi memang bisa lho. Saat kita cuci baju, cuci piring, atau lainnya, kita punya kesempatan buat dekat dengan pikiran kita sendiri setelah sekian lama disibukkan dengan sederet kegiatan.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mengerjakan pekerjaan rumah. Semoga makin semangat beres-beres ya setelah ini~

 

Gambar: macrovector/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Membangun Kebiasaan Baik agar Rutin Dilakukan dan Hasilnya Maksimal

Lifestyle
6 Cara Seseorang Menghindari Emosi, Gak Sadar Sering Dilakukan

Lifestyle
4 Tips Menghadapi Kemarahan Agar Tidak Meledak dan Berujung Penyesalan