Interest

Tren TikTok Cut Out Animation, Video Kolase Foto Pakai Lagu Drake

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 15th 2022

Belakangan ini FYP TikTok lagi diramaikan dengan video cut out animation atau puzzle transition. Intinya sih video ini berisi kumpulan foto yang setiap fotonya mengandung teaser foto selanjutnya. Editan ala-ala potongan halaman majalah gitu deh.

Tren cut out animation atau puzzle transition ini mulai ramai membanjiri TikTok sejak awal bulan Agustus. Lagu andalan buat video ini adalah Jimmy Cooks dari Drake, jadi terkesan cool banget deh kalau ikut tren video ini. Sebenarnya konsep video ini simpel, tapi perlu effort buat membuat komponen videonya. Cek contoh videonya di sini dan di sini.

Kamu bisa menyiapkan 20-30 foto dan satu video intro sekaligus outro untuk video sekitar 10 detik. Setiap foto yang bakal masuk harus dibuat dua versi yaitu versi orisinal dan versi cut out. Versi cut out itu akan dipasangkan di pertengahan foto berbeda sebelum foto orisinal muncul. Jadi kita melihat versi cut out (A), versi orisinal (A), versi cut out (B), versi orisinal (B), dan seterusnya sampai habis.

Kamu bisa membuat versi cut out dari fotomu dengan aplikasi penghapus latar belakang atau edit foto seperti Magic Eraser, Picsart, dan lain-lain. Kalau mau pakai web bisa di remove.bg. Intinya kamu pilih satu objek dari foto lalu buang semua gambar yang ada di versi cut out.

Setelah sudah menyiapkan semua foto versi cut out, kamu bisa masukkan dulu video pembuka. Masukkan semua foto orisinal dan foto cut out, lalu tutup dengan video yang sama seperti yang ada di pembuka, tapi di-reverse. Biar ada efek loop di videonya. Kamu bisa simak video tutorialnya di bawah ini. Kamu juga bisa pakai template di CapCut buat membantu. Nah, tertarik buat mencoba? (*)

 

Gambar: TikTok @fchrriii_; @sanyopompaair

 

Artikel Terkait
Interest
Kreator TikTok Ini Desain Produk Nike Terinspirasi dari Sederet Artis, Keren!

Interest
MBTI Chemistry, Web buat Cek Seberapa Cocok Kamu dengan Temanmu dengan MBTI

Interest
Tren TikTok Make Up Pakai Buah Asli, Hasilnya Bisa Bagus lho