Lifestyle

Perbedaan Brown, Pink, dan White Noise, Nggak Semuanya Bikin Relax

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 15th 2022

Istilah white noise mungkin sering kita dengar sebagai suara yang menenangkan dan membantu kita buat istirahat. Namun, ternyata ada beberapa jenis suara lho, gak cuma white noise. Simak perbedaan brown, pink, dan white noise berikut ini.

Brown noise

Seperti yang dilansir Healthline, brown atau red noise adalah suara yang memiliki energi lebih tinggi di frekuensi yang lebih rendah. Suara ini jadi yang paling deep dari pink dan white noise. Brown noise ini sebenarnya agak mirip dengan white noise kalau kita dengar. Contoh dari brown noise adalah suara air terjun, gemuruh, dan petir.

Seperti yang dilansir YogaSleep, manfaat dari brown noise adalah dapat meningkatkan fokus dan juga membantu relaksasi dan tidur. Ini karena brown noise memblokir suara-suara lain yang mungkin dapat mengganggu kita.

Baca juga: Pasang Banyak Alarm Tapi Tetap Gagal Bangun Pagi? Coba Ganti Pakai Aplikasi Ini

Pink noise

Pink noise adalah suara yang energinya tidak merata di semua frekuensi. Suara ini lebih deep dari white noise, tapi gak sedalam brown noise. Contoh dari pink noise adalah daun yang bergesek, hujan, angin, dan detak jantung.

Manfaat dari pink noise adalah membantu tidur lebih cepat, tidur lebih lama, dan meningkatkan memori.

Baca juga: 6 Penyebab Tubuh Selalu Terasa Capek Meski Nggak Banyak Aktivitas

White noise

White noise adalah suara dengan energi yang rata di semua frekuensi, jadi terdengar seperti dengungan. Misalnya suara AC, kipas angin, radio atau TV statis, dan pompa air. Karena suaranya terkesan merata, white noise ini menyamarkan suara lain.

Manfaat dari white noise adalah meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kualitas tidur karena suara ini menyamarkan suara lain.

Sebenarnya penelitian terkait jenis-jenis suara ini masih kurang banyak, jadi kamu bisa mencari tahu suara mana yang paling pas buat dirimu sendiri. Kamu bisa cari playlist di Spotify atau YouTube. Selamat mencoba! (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Mandi Air Hangat sebelum Tidur Bisa Jadi Solusi Kalau Kamu Susah Relax

Lifestyle
Biar Makin Lelap, Ini 6 Tips Tingkatkan Kualitas Tidurmu

Lifestyle
5 Tips untuk Lebih Fokus dan Gak Gampang Terdistraksi Selama Pandemi