Tech

Fitur Powerpoint Rehearse with Coach, Kamu Bisa Latihan Presentasi Biar Jago

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 15th 2022

Siapa nih yang tugas sekolah atau kuliahnya sering banget presentasi? Nah, kalau kalian mau latihan presentasi, tapi gak ada yang bisa dengerin, Powerpoint bisa kok jadi pelatih kalian. Coba deh fitur Rehearse with Coach.

Rehearse with Coach atau Speaker Coach adalah fitur yang ada di Powerpoint versi web. Jadi kita bisa membuka file presentasi kita lalu berlatih presentasi secara mandiri. Saat ini fiturnya hanya bisa mendeteksi bahasa Inggris, jadi bakal lebih oke kalau konten dan presentasimu juga bahasa Inggris.

Cara memakai fitur ini simpel kok. Kamu tinggal buka Powerpoint via web di office.com/launch/powerpoint. Setelah itu kamu bisa buka file presentasi kamu seperti biasa. Lalu kamu bisa pilih menu Slide Show dan pilih tombol Rehearse with Coach.

Fitur Rehearse with Coach

Fitur tersebut bakal mendeteksi kecepatan berbicara (pace), filler words (kata-kata seperti “umm” dan “hmm”), pitch, pronouncation, pilihan diksi yang beragam (repetitive language), inclusiveness (penggunaan bahasa yang tidak menyinggung), sampai originality (mendeteksi apakah kamu sekadar baca tulisan di slides atau enggak).

Baca juga: Polotno Studio, Web Desain Mirip Canva yang Semua Fiturnya Gratis

Kamu bisa pilih mau dikasih feedback langsung saat kamu presentasi atau saat sudah selesai presentasi. Nanti di akhir kamu dapat rangkuman performa presentasimu lengkap dengan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Membantu banget kan?

Contoh rangkuman feedback

Baca juga: TikTok Rilis Fitur SoundOn buat Bantu Lagu Artis Independen Dapat Pemasukan

Untuk presentasi bahasa Inggris, fitur ini bisa menilai dengan cukup akurat. Akun TikTok @call_me_lauren_j sempat membagikan pengalamannya mencoba fitur tersebut. Kalau kita sering berkata “umm” bakal terdeteksi, bahkan kalau mengumpat bisa ditegur. Cek videonya di sini.

Meski fiturnya sudah lengkap banget, masih ada beberapa kekurangan nih. Fitur ini gak bisa mendeteksi bahasa secara akurat, jadi kalau kamu coba presentasi pakai bahasa Indonesia, kemungkinan fiturnya akan tetap menilai dengan dasar bahasa Inggris. Jadi penilaiannya kurang akurat deh. Nah, kamu tertarik buat coba fitur Rehearse with Coach ini? (*)

 

Gambar: Microsoft Powerpoint

 

Artikel Terkait
Interest
8 Rekomendasi Website dan Aplikasi Biar Tugasmu Cepat Selesai!

Current Issues
4 Situs untuk Bikin Tampilan Presentasi Powerpoint-mu Makin Keren

Tech
Sony Pamer SUV, Mulai Bisnis Mobil Listrik dengan ‘Sony Mobility Inc.’