Tech

Telegram Tambahkan Emoji Animasi dan Interaktif untuk Pengguna Premium

Jingga Irawan

Posted on August 15th 2022

Telegram memang sudah lama menambahkan emoji dalam layanan pesannya. Tetapi kali ini, perusahaan memperbarui karakter emojinya dengan menambahkan efek animasi.

Pengguna nantinya bisa menggunakan berbagai macam emoji yang bisa bergerak. Baik karakter wajah, maupun benda. Pembaruan ini diperuntukkan bagi pengguna premium yang berlangganan.

Pelanggan Telegram Premium akan memiliki hak istimewa untuk memakai 500 emoji dari 10 paket custom baru di aplikasi dalam pesan. Pengguna juga bisa mengirimkan paket emoji hasil kreasi mereka sendiri.

Para emoji ini bisa bergerak atau bersifat animasi. Tetapi harus dikemas dalam format .webm atau .tgs milik Telegram. Desainer emoji dapat membaca panduan pemformatan lengkap Platform Emoji Terbuka baru untuk detail selengkapnya.

Perusahaan juga menjelaskan kumpulan baru animasi emoji interaktif khusus untuk percakapan satu lawan satu. Pengguna premium juga dapat menggunakan emoji-emoji ini sebagai reaksi. Sementara itu, pengguna biasa hanya dapat melihatnya.

Pengguna Telegram Premium sekarang juga dapat membatasi siapa yang dapat mengirimi pesan suara dan video. Pengguna bisa memilih apakah semua orang di kontak yang bisa mengirimi pesan suara dan video atau justru melarang semua orang. Fitur ini sangat berguna untuk mencegah masuknya pesan spam atau penipuan.

Baca Juga: Beroperasi di Indonesia, Apa Itu Layanan Internet Starlink?

Terakhir, jika fitur ini tampak menarik bagi kalian, kalian bisa meminta seseorang untuk memberi kalian langganan Telegram Premium selama 3, 6, atau 12 bulan sekaligus. Mirip seperti fitur pemberian hadiah di Line.(*)

Foto: Telegram

Artikel Terkait
Tech
Apple Memblokir Fitur Telegram Terbaru, Telemoji

Tech
Microsoft Biarkan Kreator Berkreasi dengan Emoji 3D-nya

Tech
WhatsApp Bakal Lebih Efektif Deteksi Scammers