Tech

Apple Memblokir Fitur Telegram Terbaru, Telemoji

Jingga Irawan

Posted on August 14th 2022

Sejak Apple meluncurkan App Store, pengembang aplikasi dari yang besar sampai kecil terjebak dalam proses persetujuan perusahaan yang rumit. Tak terkecuali Telegram.

Menurut CEO Telegram, Pavel Durov, pembaruan terbaru aplikasinya masuk dalam proses peninjauan Apple selama dua minggu tanpa ada kabar dari perusahaan. Sehingga, pembaruan aplikasi Telegram untuk para penggunanya ditunda atau rilis terlambat.

Meskipun begitu, pembaruan aplikasi akhirnya dirilis kemarin. Tetapi Pavel Durov merasa tak puas dengan hal tersebut. Ahli teknologi berusia 37 tahun itu kembali membahas apa yang terjadi ke publik.

Menurut Durov, Apple mengatakan kepada Telegram bahwa mereka harus menghapus fitur baru yang disebut Telemoji. Itu merupakan versi animasi vektor berkualitas tinggi dari emoji standar. Emoji itu memang mirip dengan emoji dasar yang digunakan Apple, tetapi dengan beberapa animasi yang cukup menyenangkan. Fungsinya adalah membuat pesan sedikit lebih ekspresif.

"Ini adalah langkah membingungkan atas nama Apple, karena Telemoji akan membawa dimensi baru ke emoji statis beresolusi rendah dan akan secara signifikan memperkaya ekosistem mereka," tulis Durov dalam posting-annya.

Ada lebih dari 10 paket emoji baru dalam pembaruan Telegram. Perusahaan mengklaim bahwa pihaknya akan terus memanfaatkan waktu untuk membuat Telemoji lebih unik dan mudah dikenali.

Masih ada banyak peningkatan terkait emoji dalam pembaruan Telegram. Perusahaan mengatakan sedang meluncurkan "platform emoji terbuka" di mana siapa pun dapat mengunggah emoji buatan sendiri yang dapat digunakan oleh pengguna layanan premium Telegram.

Baca Juga: Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp

Jika kalian bukan pengguna premium, kalian masih dapat melihat emoji tersebut dan menggunakannya di pesan tersimpan. Emoji khusus juga bisa ditampilkan secara interaktif. Jika kalian menekannya, kalian akan mendapatkan reaksi animasi layar penuh.

Untuk mempermudah mengakses semua ini, panel stiker, GIF, dan emoji telah didesain ulang, dengan tab untuk masing-masing kategori. Ada juga pengaturan privasi baru agar kalian bisa mengatur siapa yang dapat mengirimi kalian pesan video dan suara. Kategorinya terdiri dari: orang, kontak, atau siapa pun.

Seperti pengaturan privasi lainnya, kalian dapat mengatur pengecualian di Telegram, sehingga grup atau orang tertentu tak bisa seenaknya mengirimi kalian pesan suara atau video. Pembaruan baru Telegram tersedia sekarang.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Fitur iPhone Terbaik yang Bisa Digunakan Saat Bepergian

Tech
Telegram Tambahkan Emoji Animasi dan Interaktif untuk Pengguna Premium

Tech
WhatsApp Punya Beberapa Fitur Baru, Ada yang Bisa Buat Kirim Pesan Rahasia