Interest

Studi: Facebook Ditinggalkan Anak Muda, Cowok Banyak di YouTube, Cewek di TikTok

Dwiwa

Posted on August 13th 2022

Sudah bukan menjadi rahasia jika popularitas Facebook menurun dari sisi demografi. Mereka makin banyak kehilangan pengguna usia muda. Bahkan ada sebuah studi baru yang memperkuat hal tersebut. Popularitas media sosial yang begitu meningkat tajam di kalangan remaja di AS justru TikTok.

Dilansir dari Popular Science, studi baru itu berjudul “Teens, Social Media, and Technology”. Studi itu dikeluarkan Pew Research Center. Mereka mensurvei pengguna internet berusia 13-17 tahun.

Dari studi itu, para peneliti Pew Research Center menemukan hanya sekitar 32 persen responden yang mengatakan mereka masih menggunakan Facebook. Angka itu menunjukkan terjadinya penurunan yang sangat signifikan. Turun 50 persen dari perkiraan jumlah pengguna muda pada kurun 2014-2015. Saat itu pengguna muda Facebook ada 71 persen.

Data lain dari studi itu mengungkapkan, TikTok tetap menjadi platform media sosial saat yang paling digemari oleh Gen Z. Sebanyak 67 persen responden mengaku sering mengunjungi aplikasi bikinan ByteDance itu. Dua platform media sosial lainnya, Instagram dan Snapchat juga mengalami peningkatan yang cukup besar selama delapan tahun terakhir.

Namun catatan TikTok itu masih kalah dari capaian YouTube. Menurut studi itu, YouTube merupakan situs web yang paling banyak digunakan remaja di AS. Sebanyak 95 persen dari remaja yang disurvei mengatakan bahwa mereka sering menggunakan platform tersebut.

Laporan tersebut juga mengungkap demografi di kalangan remaja di media sosial juga telah bergeser secara signifikan.

“Misalnya, remaja laki-laki lebih cenderung menggunakan YouTube, Twitch, dan Reddit dibandingkan remaja perempuan. Sedangkan remaja perempuan lebih cenderung menggunakan TikTok, Instagram, dan Snapchat daripada remaja laki-laki,” tulis studi tersebut.

Dari studi itu juga terungkap penggunaan media sosial yang meningkat punya dampak yang kurang baik. Antara lain adanya kecanduan. Misalnya, dari 95 persen remaja yang mengunjungi YouTube, satu dari lima di antaranya mengatakan bahwa mereka menggunakannya hampir terus-menerus. Sementara lebih dari separuh peserta survei mengatakan bahwa mereka akan mengalami kesulitan untuk menghentikan aktivitas media sosial favorit mereka.

Hasil ini mungkin tidak terlalu mengejutkan. Akses ke ponsel cerdas meroket untuk kelompok usia tersebut sejak Pew terakhir kali melakukan survei, dari sebelumnya 72 menjadi 95 persen remaja.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Hoaks: Vaksin Covid-19 Penyebab Munculnya Varian Baru Corona

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade

Interest
Alasan Kenapa TikTok Sulit Ditiru Aplikasi Lain