Sport

Kenalan dengan Kafiatur Rizky, Pencetak Gol Kemenangan di Final Piala AFF U-16

Dwiwa

Posted on August 13th 2022


Gelandang tim nasional U-16 Indonesia Muhammad Kafiatur Rizky.

Keberhasilan Muhammad Kafiatur Rizky mencetak gol ke gawang Vietnam pada Jumat, 12 Agustus, membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo kemarin, Kafiatur menjadi satu-satunya yang berhasil membobol gawang Pham Dinh Hai dan membawa Indonesia menang 1-0 atas Vietnam.

Prestasi itu pun membuat sosok Kafiatur menjadi  ramai dibicarakan publik. Buat kamu yang penasaran, berikut profil singkat dari Kafiatur Rizky.

Nama Kafiatur Rizky sudah mulai diperbincangkan publik sejak penampilannya bersamaTim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala AFF U-16 2022. Dia merupakan salah satu pemain yang cukup produktif di sepanjang kompetisi. Total ada tiga gol yang berhasil dia sarangkan ke gawang musuh.

Kafiatur sendiri merupakan pemain muda yang bergabung dengan klub Borneo FC yang bermarkas di Samarinda sejak Januari 2021. Permainannya yang memukau membuat dirinya ditunjuk untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 di 2022.

Saat Indonesia berhasil membantai Singapura 9-0 pada Rabu 3 Agustus 2022, Kafiatur Rizky menjadi pencetak gol terbanyak kedua. Dia berhasil mencetak dua gol dalam kemenangan itu, hanya tertinggal satu gol dari Nabil Asyura yang menghasilkan tiga gol.

Dalam pertandingan final piala AFF U-16, Kafiatur dimainkan oleh pelatih Bima Sakti sejak menit pertama. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman itu berlangsung cukup alot.

Kesempatan emas baru muncul jelang berakhirnya babak pertama. Di masa injury time babak pertama, umpan yang diberikan oleh Rizdjar Subagja mampu diterima baik oleh Kafiatur yang berada di kotak pinalti lawan. Meski sempat mendapat hadangan, Kafiatur berhasil meloloskan diri dan melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kiri yang kemudian menembus gawang Vietnam.

Gol ini berhasil dipertahankan oleh skuad Garuda Asia dan membawanya menjadi juara Piala AFF 2022. Kafiatur pun merasa sangat bangga dan mempersembahkan kemenangan ini untuk tim dan orang tuanya yang menonton langsung pertandingan.

“Alhamdulillah saya senang banget bisa mencetak gol di final. Pertama untuk orang tua, kedua untuk tim,” ujarmya usai pertandingan.

“Saya merinding. Alhamdulillah banget. Saya Alhamdulillah bangga sekali bisa masuk Timnas U-16, apalagi saya di tim utama dan saya dikasih tim utama dari pertandingan pertama hingga akhir,” lanjutnya.(*)

Foto: Michael Siahaan/Antara

Artikel Terkait
Sport
Sitha Marino: Warga Negara Italia yang Ingin Membela Timnas Indonesia

Sport
Persebaya Daftarkan Stadion GBT Sebagai Kandang Liga 1 dan AFC Club Licensing

Sport
Kolombia-Argentina Mundur Jadi Tuan Rumah, Copa America 2021 Digelar di Brasil