Tech

Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp

Jingga Irawan

Posted on August 13th 2022

Fitur memblokir seseorang sudah lama ada di berbagai aplikasi media sosial. Nggak terkecuali WhatsApp. Tujuannya agar kalian terhindar dari orang lain yang mungkin punya niat jahat atau mengganggu. Namun, di WhatsApp, fitur blokir nggak memberi peringatan kepada orang yang diblokir tersebut. Berbeda dengan Twitter.

Nah, sebagai pengguna media sosial, ada kalanya kita mungkin terlibat perdebatan yang nggak penting atau sedikit cekcok dengan pedagang kaos online. Lalu tiba-tiba kalian sudah nggak lagi bisa mengirim pesan ke nomor WhatsApp orang tersebut. Ada dua kemungkinan: pesan kalian memang belum terkirim karena masalah sinyal atau bisa jadi kalian diblokir orang tersebut.

Untuk meyakinkan asumsi kedua, kalian perlu cek beberapa hal lain jika kalian ragu apakah benar-benar diblokir. Berikut beberapa tanda apabila kalian diblokir orang lain melalui WhatsApp:

1. Periksa Waktu Terakhir Dilihat Orang Tersebut

Salah satu cara termudah untuk ngecek apakah kalian diblokir adalah waktu terakhir dilihat orang tersebut. Apabila sudah hilang, bisa jadi kalian diblokir. Tetapi nggak menutup kemungkinan orang itu juga mematikan pengaturan waktu terakhir dilihat. So, kalian harus memastikan indikator lainnya.

2. Pastikan Foto Profil Orang Tersebut

Indikator kedua untuk mengetahui apakah kalian diblokir seseorang adalah dengan memeriksa foto profil orang tersebut. Jika awalnya foto lawan bicara kalian nggak kosong, kemudian berubah menjadi kosong sesaat setelah kalian berdebat, bisa jadi kalian diblokir. Tetapi, ada kemungkinan juga orang tersebut memang menghapus fotonya.

3. Pastikan Status Orang Tersebut

Indikator ketiga adalah memeriksa status. Status biasanya digunakan WhatsApp untuk memberi tahu pengguna lain apabila kalian sedang sibuk untuk dihubungi.

Jika awalnya kalian melihat status “Busy” atau “Can’t Talk WhatsApp Only,” namun kemudian hilang sesaat setelah kalian berinteraksi dengan buruk, bisa jadi kalian diblokir atau mungkin nomor kalian dihapus.

Waktu terakhir dilihat bisa jadi dimatikan. Foto profil juga masih bisa dihapus untuk menghilangkannya. Tetapi status nggak bisa dihapus. Apabila ingin menghilangkannya, orang itu harus mengganti setting-an privacy bukan? Apabila kalian merasa lawan bicara kalian dalam kondisi ini, bisa jadi nomormu dihapus atau diblokir.

4. Centang Satu Saat Dikirimi Pesan dan Tak Bisa Dihubungi

Ketiga indikator di atas merupakan tanda-tanda ringan. Tetapi yang satu ini bisa menguatkan kalau kalian memang diblokir. Saat kalian menghubungi kontak yang memblokirmu dengan WhatsApp atau panggilan, keduanya nggak akan tersambung. Misalnya, ketika kalian mengiriminya WhatsApp dan hanya ada centang satu, bisa jadi kalian diblokir.

Baca Juga: Suka Main Game Tapi Malas Download? Coba 5 Situs Web Game Gratis Ini

Jika kalian nggak yakin dan ingin memastikannya lagi, coba telepon orang tersebut. Apabila nggak tersambung kalian patut yakin kalau nomor kalian diblokir.

5. Coba Buat Grup Bersama Orang Tersebut

Apabila kalian masih positive thinking dan nggak percaya mereka melakukan blokir terhadap kontak WhatsApp kalian coba lakukan ini: buat grup bersamanya. Yes, coba tambahkan kontaknya dalam grup bersama. Apabila kalian nggak bisa menambahkan kontaknya dan ada peringatan yang muncul, sudah bisa dipastikan bahwa kalian diblokir.(*)

Artikel Terkait
Tech
6 Hal yang Membuat Akun Instagram Diblokir

Tech
WhatsApp Punya Fitur untuk Menyeleksi User Sebelum Join Grup

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara