Sport

Timnas Indonesia Raih Gelar Juara AFF U-16 Kedua 

Tora Nodisa

Posted on August 13th 2022

Foto: Aseanfootball.org

Final ASEAN Football Federation (AFF) U-16 Championship mempertemukan Indonesia dengan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (12/8) malam. Hasilnya, Indonesia menang dengan skor 1-0. Gelar tersebut menjadi yang kedua bagi Indonesia sejak kejuaraan ini digulirkan tahun 2002. 

AFF U-16 2022 adalah edisi ke-15 dari kejuaraan sepak bola ini. Indonesia menjadi tuan rumah gelaran ini, yang dimulai sejak 31 Juli dan berakhir pada 12 Agustus 2022. Pesertanya adalah 12 negara yaitu Australia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor-Leste, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia. 

Indonesia berjalan mulus di kejuaraan ini. Dimulai dari babak penyisihan, Indonesia menang tiga kali dari tiga pertandingan Grup A. Indonesia menang 2-0 dari Filipina, menang telak 9-0 dari Singapura, lalu mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. Di babak semifinal, Indonesia sempat imbang 1-1 dari Myanmar hingga tambahan waktu kedua. Namun dalam adu tendangan penalti, Indonesia unggul 5-4. 

Di babak final, tim asuhan coach Bima Sakti tersebut bermain bagus di babak pertama. Mereka berhasil menyarangkan satu gol lewat Muhammad Kafiatur Rizky. Dengan tendangan kaki kiri, Rizky mampu memanfaatkan umpat cut-back dari Riski Afrisal. Ternyata gol ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak final. Sehingga Indonesia bisa mengangkat trofi juara. 

Indonesia membuat sejarah dengan mengalahkan salah satu tim tersukses di AFF U-16. Pasalnya, Thailand dan Vietnam adalah tim dengan tiga trofi juara. Sementara bagi Indonesia, dengan gelar tahun 2022 ini, mereka bisa menyamai prestasi dari Myanmar, Australia, dan Malaysia yang sama-sama punya koleksi dua trofi juara. Indonesia menjuarai AFF U-16 pada tahun 2018 dan 2022. 

Juara kali ini sekaligus menjadi kado yang indah bagi bangsa Indonesia. Sebab saat ini masyarakat Indonesia tengah merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Prestasi timnas U-16 ini melengkapi kegembiraan seluruh rakyat Indonesia. (*)

Artikel Terkait
Sport
Deras Pujian Mochammad Supriadi Sang Pahlawan Tim Garuda Select

Sport
Roster dan Jadwal Lengkap Timnas Basket dan 3x3 Indonesia di SEA Games 2022

Sport
Ukir Sejarah, Ady Setiawan Bikin Bangga Bima