Tech

WhatsApp Punya Fitur untuk Menyeleksi User Sebelum Join Grup

Jingga Irawan

Posted on August 12th 2022

WhatsApp nggak pernah kekurangan ide untuk menambahkan fitur baru yang membantu pengguna mengelola grup obrolan di aplikasinya.

Layanan pesan itu telah menguji fitur versi beta agar admin bisa menghapus pesan pengguna lain. Nah, baru-baru ini, WABetaInfo menemukan fitur baru yang membiarkan admin memutuskan siapa yang diizinkan untuk bergabung dengan obrolan grup.

Meskipun fitur tersebut masih dalam pengembangan, sebuah screenshoot memberi kita gambaran awal apabila fitur tersebut dirilis secara luas.

Setelah aktif, pengaturan grup ini akan memberi admin wewenang untuk memutuskan siapa yang akan bergabung. WABetaInfo berspekulasi bahwa kita dapat melihat daftar permintaan yang tertunda di bawah fitur baru ini. Mirip seperti “Request Followers” yang ada di Instagram.

WABetaInfo

Setelah ini aktif, dalam versi beta di masa mendatang, admin grup kemungkinan akan menerima pemberitahuan ketika seseorang ingin bergabung dengan grup.

Fitur persetujuan admin terdengar seperti cara yang bagus untuk melindungi privasi pengguna dan melawan spam, terutama dalam grup yang lebih besar. Jika kalian sering bergabung dengan grup penggemar K-Pop atau anime, kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan kicker. Nah, fitur ini bertujuan untuk melawan kicker tersebut.

Biasanya, kicker bergabung hanya untuk mengobrak-abrik isi grup dan mengeluarkan semua anggota grup yang ada. Mereka bisa mengembalikan isi anggota grup asalkan admin mau membayar uang tebusan.

Fitur ini juga bisa membantu mencegah potensi pelecehan terhadap anggota grup. Salah satu keunggulan fitur ini adalah admin dapat melakukan cross-check dengan anggota grup yang ada untuk memverifikasi keaslian permintaan obrolan, jika ada kecurigaan. (*)

Artikel Terkait
Tech
Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp

Tech
Finally! WhatsApp Communities Dirilis Buat Pengguna Beta

Tech
Twitter Kembangkan Fitur ‘Reply Filter’, Bisa Menyaring Komentar Jahat