Sport

Piala Dunia Qatar Kemungkinan Bakal Dimulai Sehari Lebih Awal dari Jadwal

Dwiwa

Posted on August 11th 2022

Piala Dunia di Qatar kemungkinan akan dimulai sehari lebih awal dibandingkan jadwal. Majunya jadwal pertandingan ini bisa terjadi jika otoritas Dewan FIFA menyetujui rencana untuk mengadakan upacara pembukaan dan pertandingan pertama untuk tuan rumah pada Minggu 20 November 2022.

Menurut jadwal yang sudah ada, pada 21 November Senegal dan Belanda akan memainkan pertandingan pertama Piala Dunia 2022. Di hari yang sama, tuan rumah Qatar akan bertanding melawan Ekuador 6 jam kemudian.

Tetapi Al Jazeera melaporkan jika proposal untuk membuat turnamen 29 hari, bukan 28 hari, telah disetujui oleh pejabat Qatar dan badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL. Pembicaraan jadwal baru itu juga melibatkan federasi sepak bola Qatar dan Ekuador.

Berdasarkan tradisi Piala Dunia selama ini, negara tuan rumah selalu memainkan pertandingan pertama sejak turnamen 2006 di Jerman. Jika jadwal masih tetap seperti sebelumnya, ini akan menjadi yang pertama berbeda setelah Piala Dunia 2002.

Proposal itu mungkin dapat disetujui oleh Dewan FIFA sebelum hitungan mundur 100 hari dimulai pada minggu ini. Jika disetujui, upacara pembukaan juga tampaknya akan berlangsung di Stadion Al Bayt, yang akan menjadi tempat pertandingan Qatar-Ekuador. Sementara Belanda versus Senegal akan bertanding di malam hari berikutnya.

Piala Dunia 2022 adalah yang pertama dalam 92 tahun sejarah turnamen yang akan dimainkan pada bulan November dan Desember. Dalam 21 edisi sebelumnya, semuanya dimainkan antara akhir Mei dan akhir Juli.

FIFA mengambil keputusan itu pada tahun 2015 untuk menghindari panas di musim panas Qatar dan memindahkan jadwal ke November dan Desember. Pemindahan jadwal ini sempat mendapat tentangan dari sebagian besar badan sepak bola Eropa yang tidak senang menutup liga domestik mereka selama beberapa minggu puncak.(*)

Ilustrasi: Pexels

Artikel Terkait
Sport
Mengintip Wujud La’eeb, Maskot Piala Dunia 2022 yang Menggemaskan

Sport
Cristiano Ronaldo Resmi Jadi Pencetak Gol Terbanyak Level Internasional

Sport
Pertandingan Brasil vs Argentina Dihentikan Akibat Pelanggaran Prokes