Tech

6 Hal yang Membuat Akun Instagram Diblokir

Jingga Irawan

Posted on August 11th 2022

Meskipun media sosial dimaksudkan untuk menjadi tempat kalian dapat mengekspresikan diri sesuka hati, masih ada beberapa pedoman yang perlu kalian ikuti. Jika kalian melanggar aturan, perusahaan media sosial mungkin bisa membatasi atau bahkan memblokir akun kalian. Begitu pun dengan Instagram.

Terkadang, kalian mungkin nggak menyadari bahwa kalian melanggar aturan sehingga membuat akun Instagram kalian diblokir. Padahal, sayang banget kan kalau akun yang diblokir sudah punya banyak followers dan catatan engagement yang baik? Nah, untuk menghindari pemblokiran di Instagram, coba perhatikan beberapa hal melanggar di bawah ini:

1. Mengunggah Konten Seksual

Salah satu alasan mengapa akun Instagram kalian diblokir adalah karena mem-posting konten seksual yang tak pantas. Singkatnya, meskipun Instagram ditujukan untuk mereka yang berusia di atas 13 tahun, tujuan utama mereka adalah menjaga konten yang sesuai untuk audiens yang beragam.

2. Mengunggah Konten Kekerasan

Selanjutnya, akun Instagram kalian bisa diblokir konten kekerasan. Instagram berusaha untuk mendorong komunitas yang positif dan beragam. Karena itu, kalian dilarang membuat ancaman serius yang membahayakan keselamatan publik di Instagram.

3. Merepost Konten Berhak Cipta

Akun Instagram yang diblokir juga bisa disebabkan oleh masalah dengan konten berhak cipta. Mengunggah ulang lagu, foto atau video berhak cipta dapat menyebabkan akun kalian di blokir.

4. Menggunakan Bot untuk Meningkatkan Keterlibatan

Menggunakan bot otomatis untuk meningkatkan engagement atau meningkatkan like, komentar, dan followers bisa membuat akun Instagram kalian diblokir. Jadi, kalian harus meningkatkan engagement secara organik.

5. Foto dan Video Dikeluhkan Pengguna Lain

Keluhan pengguna dapat memainkan peran besar dalam membuat akun Instagram kalian diblokir atau ditandai oleh platform. Jika cukup banyak pengguna yang melaporkan profil atau foto, ini dapat memperingatkan Instagram dan mengakibatkan Instagram memblokir atau menonaktifkan akun kalian.

6. Masuk Dari Beberapa Alamat IP

Ketika membahas topik akun Instagram yang diblokir, ini adalah salah satu yang tak umum. Meskipun Instagram belum membuat pernyataan resmi tentang apakah mereka bisa memblokir berdasarkan alamat IP atau perangkat, tampaknya cukup jelas kalau berganti-ganti perangkat atau alamat IP bisa membuat Instagram memblokir akun kalian.

Alamat IP menunjukkan lokasi dari mana kalian masuk ke Instagram. Ketika seseorang menggunakan Instagram, mereka tak hanya diidentifikasi oleh nama pengguna, tetapi juga kata sandi, alamat IP, dan alamat MAC mereka.

Jika kalian masuk ke Instagram dari beberapa alamat IP atau dari beberapa perangkat, Instagram mungkin melihat ini sebagai aktivitas yang mencurigakan dan memblokir kalian.

Ketika Instagram memutuskan untuk memblokir seseorang, kalian tak akan dapat masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi, alamat IP lama, dengan alamat MAC yang sama, atau dengan telepon yang sama. Jadi gimana? Lebih berhati-hati ya untuk beraktivitas di Instagram! (*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Instagram Kembangkan Fitur Baru, Tapi Disebut Mirip BeReal

Tech
Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara