Tech

Microsoft Biarkan Kreator Berkreasi dengan Emoji 3D-nya

Jingga Irawan

Posted on August 11th 2022

Microsoft membuka (open source) lebih dari 1.500 emoji 3D-nya secara gratis bagi kreator yang ingin melakukan remix. Hampir semua dari 1.538 emoji Microsoft akan tersedia di Figma dan GitHub mulai hari ini. Perusahaan berharap langkah ini dapat mendorong lebih banyak kreativitas dalam ruang emoji.

Meskipun Microsoft merilis emoji di Windows 11 tahun lalu dan versi 3D di Microsoft Teams pada bulan Februari, perusahaan awalnya tak berencana untuk membuka hak sumber karyanya.

“Awalnya kami fokus pada membangun pekerjaan,” kata Jon Friedman, CVP desain dan penelitian Microsoft, dalam sebuah wawancara dengan The Verge.

“Idenya baru saja mulai bermunculan, dan itu selaras dengan keyakinan dan perspektif kami bahwa semakin open source kami secara internal dan eksternal, semakin banyak keunggulan produk yang dapat kami bangun, dan semakin relevan kami bagi seluruh umat manusia.”

Open source adalah istilah yang awalnya disebut perangkat lunak sumber terbuka (OSS). Perangkat lunak sumber terbuka adalah kode yang dirancang untuk dapat diakses publik. Jadi, siapa pun dapat melihat, memodifikasi, dan mendistribusikannya sesuai keinginan mereka.

Baca Juga: Samsung Akhirnya Rilis Galaxy Z Flip 4, Tapi Peningkatan Desainnya Kecil

Microsoft menghabiskan banyak waktu untuk desain yang beragam dari emoji uniknya, sehingga bisa menjangkau penggambaran orang, agama, dan negara yang berbeda.

Hasilnya, lebih dari 1.500 emoji menyertakan warna kulit khusus, warna cerah serta fokus pada karakter menyenangkan. Bahkan, Clippy juga diperkenalkan sebagai pengganti emoji klip kertas. Tapi itu salah satu dari sedikit karya yang tak akan dibuat open source karena persyaratan hukum untuk merek dagang Microsoft.

Dengan begini, kreator juga akan dapat menggunakan sebagian besar emoji 3D Microsoft cerah, penuh warna dan menggabungkannya kembali menjadi stiker, menggunakannya dalam konten, atau membuat kumpulan emoji yang unik. (*)

Foto: Microsoft

Artikel Terkait
Tech
Bocor di Internet, Ternyata Tampilan OS Windows 11 Mirip Seperti Windows 10X

Tech
Siap "Say Goodbye", Windows 10 Resmi Pensiun pada 2025

Tech
Telegram Tambahkan Emoji Animasi dan Interaktif untuk Pengguna Premium