Tech

Samsung Akhirnya Rilis Galaxy Z Flip 4, Tapi Peningkatan Desainnya Kecil

Jingga Irawan

Posted on August 11th 2022

Model Galaxy Z flip dan fold merupakan beberapa contoh dari ponsel Android terbaik. Terutama untuk keluaran Samsung. Pada Rabu, 10 Agustus 2022, di acara Galaxy Unpacked, Samsung akhirnya merilis Galaxy Z Flip 4 bergaya clamshell baru, yang langsung menjadi jajaran ponsel flagship perusahaan.

Galaxy Z Flip adalah ponsel lipat Samsung yang paling populer. Perusahaan mengatakan 70 persen dari semua perangkat lipat yang dijualnya pada 2021 adalah ponsel flip. Jadi, wajar saja apabila penggemar ponsel flip Samsung mengharapkan beberapa upgrade yang mengesankan tahun ini.

Namun, Flip 4 rupanya memiliki pembaruan yang relatif kecil, sama seperti Galaxy Z Fold 4 yang diumumkan pada waktu yang bersamaan.

Desain intinya tak berubah dari Flip 3. Masih terlipat menjadi dua seperti ponsel flip sebelumnya. Ada layar utama AMOLED 120 Hz 6,7 inci, dipasangkan dengan layar penutup 1,9 inci di bagian luar. Kedua layar ini identik dengan yang ada pada Flip 3.

Ponsel ini juga memiliki peringkat ketahanan air IPX8 yang sama, yang berarti bisa bertahan jatuh di air tawar (hingga 1,5 m) selama 30 menit. Meskipun begitu, Samsung mengatakan Flip 4 memiliki engsel yang lebih ramping dan tepi yang lebih lurus.

Peningkatan kameranya juga tak terlalu besar dan masih identik dengan yang ada di Flip 3. Dengan kamera depan 10 MP, kamera utama 12 MP, dan lensa sudut lebar 12 MP. Ini termasuk perubahan kecil. Pasalnya, Galaxy S22 biasa dengan harga lebih murah saat ini memiliki kamera utama 50 MP.

Baca Juga: iOS 16 Apple Menambahkan Lagi Presentase Baterai ke Bilah Status

Untungnya, masih ada beberapa peningkatan yang cukup mengesankan untuk bagian dalam ponsel. Chipset telah ditingkatkan ke Snapdragon 8+ Gen 1, sedikit lebih cepat daripada chip non-plus Gen 1 yang ada di jajaran Galaxy S22 tahun ini dan peningkatan dari Snapdragon 888 yang ada di Galaxy Z Flip 3.

Baterainya juga sedikit lebih besar, dari 3.300 mAh menjadi 3.700 mAh, dan kecepatan pengisian maksimum telah meningkat dari 15W menjadi 25W.

Galaxy Z Flip 4 dibanderol mulai dari USD 999 (Rp 14 juta). Harga yang sama dengan Flip 3 saat diluncurkan. Ponsel ini akan tersedia dalam empat warna: Bora Purple, Graphite, Pink Gold, dan Blue. Lebih banyak warna dan desain dapat disesuaikan saat memesan dari toko online Samsung sendiri, dengan total 75 kombinasi untuk dipilih.(*)

Foto: Samsung

Artikel Terkait
Tech
Lima Pengumuman Terbesar dari Samsung Galaxy Unpacked 2022

Tech
Tampilan Full Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Bocor

Tech
Samsung Meluncurkan One UI 5 Beta Berbasis Android 13 pada Galaxy S22