Tech

Google Luncurkan Situs Web Baru untuk Belajar Membaca

Jingga Irawan

Posted on August 10th 2022

Siapa bilang aplikasi dan situs web saat ini hanya untuk orang dewasa? Buktinya, Google baru saja merilis versi browser dari aplikasi Android "Read Along” dan sudah aktif saat ini.

Dilansir dari The Verge, pada Selasa, 9 Agustus 2022, situs web ini mencakup ratusan cerita bergambar pada beberapa tingkat membaca yang berbeda.

Setelah anak-anak memilih sebuah cerita, mereka bisa mulai membacakan cerita dan mengarahkan suara ke mikrofon perangkat mereka. Kata-kata dalam cerita akan disorot dengan warna biru setelah mereka membacanya dengan benar. Sementara, kata-kata yang salah diucapkan akan digarisbawahi dengan warna merah.

Browser yang didukung untuk menjajal situs web ini, di antaranya Chrome, Firefox, dan Edge. Sementara, untuk Safari akan segera hadir. Cerita tersebut akan tersedia dalam bahasa Inggris, Hindi, Gujarati, Bengali, Telugu, Marathi, Tamil, Spanyol, dan Portugis. Jadi, bagi kalian yang ingin mengasah kemampuan membaca dalam bahasa Inggris, sebenarnya kalian juga bisa lho memakai situs ini.

Baca Juga: iOS 16 Apple Menambahkan Lagi Presentase Baterai ke Bilah Status

Google juga telah menambahkan cerita baru ke koleksi Read Along, yang akan tersedia akhir tahun ini dalam versi web dan Android. Ini termasuk adaptasi konten dari pembuat video anak-anak USP Studios dan ChuChu TV, serta buku alfabet dan fonetik dari perusahaan pendidikan Kutuki.

Aplikasi Android Read Along telah digunakan oleh lebih dari 30 juta anak sejak diluncurkan pada 2019. Versi desktop-nya tak hanya akan memberikan lebih banyak pilihan perangkat kepada anak-anak, tetapi juga memungkinkan banyak orang untuk membaca di layar yang lebih besar.

Situs web ini diharapkah akan banyak membantu bagi pelajar muda, terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Android 13 Hadir di Google Pixel Mulai Hari Ini

Tech
Google Search Bakal Luncurkan Fitur Penerjemah Berita

Tech
Fitur YouTube ‘Edit into a Shorts’ Bantu Kreator Buat Shorts dari Video Panjang