Lifestyle

3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 9th 2022

Kecemasan jadi emosi yang gak jarang kita temui. Kalau kamu sering merasakan kecemasan, coba ingat-ingat beberapa kalimat afirmasi diri ini untuk kamu ulangi setiap merasa cemas, seperti yang dilansir Psychology Today. Kalimatnya simpel dan mudah diingat kok.

“Merasa cemas berarti aku peduli, tetapi bukan berarti semakin tinggi kecemasanku semakin aku peduli.”

Pas kita cemas, berarti yang kita cemaskan itu adalah sesuatu yang bermakna bagi kita. Nah, kalimat di atas bisa kamu pakai ketika kamu mencemaskan sesuatu yang sangat kita pedulikan atau sudah kita usahakan dengan keras. Ini agar kita ingat bahwa memang kita peduli, makanya kita merasa cemas, tapi kita tetap punya kadar peduli yang sama dengan kecemasan yang lebih rendah.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif

“Cemas tak melindungiku dari hasil buruk.”

Ketika kita cemas kita tentu berpikir dengan pola, “Bagaimana kalau nanti [isi dengan hal buruk].”  Nah, cemas bisa bikin kita terlalu fokus pada kemungkinan sampai kita gak mampu melakukan apa-apa atau membantu kita menyiapkan beberapa langkah pencegahan.

Nah, jika skenario terburuk terjadi, yang akan mengurangi dampak buruknya adalah langkah pencegahan kita, bukan kecemasan kita. Jadi kita tetap bisa melakukan langkah pencegahan sebagai persiapan dengan tingkat kecemasan yang lebih rendah.

Baca juga: Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!

“Aku tidak harus selalu melampaui ekspektasi.”

Buat para over-achiever memang wajar ingin selalu melampaui ekspektasi setiap orang dengan performa kita. Namun, terkadang pemikiran ini sangat melelahkan kita. Nah, gak masalah kok nggak selalu melebihi ekspektasi orang lain.

‘Pikiran alternatif ini bisa dipakai saat kita menemukan bahwa kita hanya bisa tenang saat orang lain memvalidasi secara eksplisit pekerjaan kita. Bisa juga saat kita terus menunda pekerjaan dan perlu membuat tugas kita lebih ringan.

Nah, itu dia beberapa kalimat yang bisa kalian pakai saat merasa cemas. Semoga membantu!

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Entertainment
7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif

Lifestyle
4 Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengelola Perasaan Cemas agar Gak Memburuk

Lifestyle
5 Hal yang Harus Dihindari agar Gak Bikin Kecemasan Memburuk