Entertainment

Taylor Swift Tegaskan Lirik Lagu ‘Shake It Off’ Sepenuhnya Ditulis Sendiri

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 9th 2022

Taylor Swift baru-baru ini memberikan pernyataan resmi terkait tuntutan pelanggaran hak cipta dalam lagu Shake It Off. Dua orang musisi menuntut Taylor dengan tuduhan melanggar hak cipta karena mereka mengklaim Taylor memakai penggalan lirik lagu yang mereka buat.

Tuntutan dilayangkan oleh Sean Hall dan Nathan Butler. Dua penulis lagu tersebut mengklaim bahwa lagu Shake It Off karya Taylor memiliki kemiripan dengan lagu Playas Gon’ Play yang mereka tulis untuk girl group 3LW. Di lagu itu ada lirik, “Playas, they gonna play, and haters, they gonna hate.” Mereka menuntut adanya pembagian keuntungan karena kemiripan tersebut.

Tuntutan tersebut sudah dilayangkan sejak 2017 dan ditolak pada 2018. Namun, kasus tersebut dibuka kembali pada 2020. Akhirnya proses hukum kembali berjalan. Baru-baru ini Taylor memberikan pernyataan resmi terkait kasus tersebut.

Baca juga: Taylor Swift Diduga Sedang Beri Kode-Kode Album ‘1989 (Taylor’s Version)’

“Dalam menulis lirik lagu, aku sebagian mengambil inspirasi dari pengalaman hidupku dan respons publik terhadap kehidupan pribadiku, berita clickbait, manipulasi publik, dan bentuk kritik personal negatif apa pun dan aku belajar untuk tak menghiraukannya, fokus ke musik aja,” ujar pemilik album Red (Taylor’s Version) itu seperti yang dilansir Uproxx.

Taylor lalu menjelaskan momen yang menginspirasi lirik lagu Shake It Off. “Aku ingat mendengar frasa players play dan haters hate disebutkan oleh anak-anak di sekolah yang ada di Wyomissing Hills, sebuah SMA di Hendersonville. Frasa tersebut mirip dengan ungkapan umum seperti ‘don’t hate the playa, hate the game,’ ‘take a chill pill,’ dan ‘don’t say it, don’t spray it,’” ujar Taylor.

Proses hukum mengenai lagu Shake It Off itu masih terus berlanjut. Di luar itu, Januari lalu Taylor mengungkapkan kekesalannya pada seorang musisi karena menuduhnya tak menulis lagu-lagunya sendiri. Well, mari kita nantikan update-update lain dari kasus ini ya. (*)

 

Gambar: YouTube Taylor Swift

Artikel Terkait
Entertainment
Lagu 'Shake It Off' Disebut Plagiat, Taylor Swift Hadapi Persidangan

Entertainment
MV ‘Blank Space’ Taylor Swift Kini Punya 3 Miliar Views, Album ‘1989’ Disorot

Entertainment
Taylor Swift Disebut Curi Konsep buat Album ‘Lover’ di Momen 3 Tahun Album