Tech

Hasil Pencarian Google Sering Gak Relevan? Gunakan Trik Ini...

Jingga Irawan

Posted on August 8th 2022

Google hampir pasti punya semua jawaban yang kalian tanyakan. Alat pencarian milik Alphabet itu identik digunakan untuk mencari barang secara online atau mencari web.

Google baru-baru ini memberikan peningkatan yang bermanfaat. Pengguna yang lebih memilih Google Chrome sebagai browser web akan mendapat fitur pendeteksi kekuatan kata sandi yang bisa memastikan bahwa kata sandinya nggak dapat ditembus.

Tetapi ada trik rahasia yang paling berguna dari semua fitur Google. Pengguna yang memakai tanda kutip (“...”) di antara kata atau frasa pencarian apa pun, akan ditampilkan halaman yang berisi kata atau frasa persis seperti yang diketik. Fungsinya agar membuat pencarian lebih relevan.

Selain itu, untuk penelusuran yang dilakukan di desktop, cuplikan yang muncul di bawah setiap hasil penelusuran akan menampilkan kata kunci yang dicari dalam huruf tebal. Sehingga memudahkan pengguna untuk memilih situs web itu daftar hasil dan mencari lokasi kalimatnya di dalam laman.

Sebelum pembaruan, menggunakan tanda kutip dalam pencarian Google hanya menghasilkan situs web yang memiliki kata kunci yang diinginkan. Tetapi itu nggak fokus ke halaman hasil pencarian. Malah mencakup area tertentu yang mungkin nggak diketahui oleh pengguna biasa (seperti dalam metadata situs web). Dan jelas masih nggak relevan.

Pengguna Google harus secara manual memindai situs web hasil pencarian untuk mencari kata yang dimaksud. Itu bisa membuat pengguna kesulitan ketika halaman web tertentu memiliki konten teks yang padat.

Melakukan Pencarian Google Berbasis Kutipan

Menggunakan tanda kutip untuk melakukan pencarian Google dapat bermanfaat ketika konten super spesifik diperlukan. Misalnya, orang yang mencari resep secara online menggunakan bahasa alami mungkin kewalahan dengan banyaknya hasil yang tampilkan oleh pencarian Google biasa.

Baca Juga: Benarkah Menggunakan Smartphone Saat Mengisi Daya Berbahaya?

Namun, mengetik pencarian tertentu seperti "resep kue terbaik" dapat memunculkan halaman web di mana pengguna telah menulis frasa yang tepat di halaman komentar resep. Tweak sederhana ini secara drastis memangkas hasil pencarian potensial dan menampilkan opsi yang paling relevan.

Meskipun menggunakan tanda kutip memang meningkatkan fungsionalitas Google secara keseluruhan, hasilnya mungkin masih menyertakan halaman yang nggak perlu. Sistem Google mungkin juga mengenali beberapa tanda baca sebagai spasi, yang dapat memengaruhi penelusuran yang dikutip dan menyertakan hasil yang nggak diinginkan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Google Luncurkan Situs Web Baru untuk Belajar Membaca

Tech
Google Search Bakal Luncurkan Fitur Penerjemah Berita

Tech
Google Uji Coba Fitur Main Game Langsung dari Hasil Pencarian