Tech

Samsung Meluncurkan One UI 5 Beta Berbasis Android 13 pada Galaxy S22

Jingga Irawan

Posted on August 8th 2022

Samsung telah meluncurkan Android 13 dengan One UI 5 OS dalam versi beta untuk smartphone Galaxy S22. Sama seperti Android 13 itu sendiri, sebagian besar perubahannya kecil, dengan beberapa peningkatan tampilan visual, keamanan, notifikasi hingga kamera.

Namun, Android 13 mungkin bisa menawarkan peningkatan signifikan untuk ponsel yang dapat dilipat seperti Galaxy Fold 4 yang kabarnya akan dirilis di acara Unpacked pada 10 Agustus.

Samsung mengeluarkan pembaruan OS-nya lebih cepat, karena One UI 5 diluncurkan sebulan lebih awal dari UI 4 tahun lalu. Ini membawa perubahan tema Android 13 dengan 12 opsi warna baru untuk layar beranda, ikon, dan panel cepat.

Baca Juga: Benarkah Menggunakan Smartphone Saat Mengisi Daya Berbahaya?

Perubahan ini juga memungkinkan kalian menghemat sedikit ruang dengan menumpuk widget, dan menambahkan opsi aksesibilitas seperti alat Magnifier untuk memperbesar teks dan objek. Itu juga menambahkan sistem yang dapat membaca entri keyboard.

Kalian juga akan melihat pembaruan Android 13 seperti pengaturan notifikasi baru yang memerlukan aplikasi untuk meminta izin sebelum mengirim notifikasi. Selain itu, ada dasbor keamanan baru yang bisa melakukan pemeriksaan keamanan dan privasi. Kalian juga dapat menyetel bahasa pilihan kalian sendiri berdasarkan aplikasi demi aplikasi.

Penyempurnaan Android 13 tampaknya dirancang untuk perangkat seperti Fold 3 yang memiliki ukuran, resolusi, dan kepadatan piksel berbeda pada tampilan dalam dan luar. Samsung sudah menawarkan fitur itu untuk Fold 3, tetapi dukungan Android 13 asli mungkin membuka lebih banyak opsi.(*)

Foto: Samsung

Artikel Terkait
Tech
Lima Pengumuman Terbesar dari Samsung Galaxy Unpacked 2022

Tech
Tampilan Full Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Bocor

Tech
Samsung Akhirnya Rilis Galaxy Z Flip 4, Tapi Peningkatan Desainnya Kecil