Lifestyle

Mengenal Okinawa, Wilayah Paling Bahagia di Jepang

Nadia Fitriany

Posted on August 8th 2022

Okinawa berhasil memikat penduduk lokal untuk menjadikannya tempat yang nyaman untuk ditinggali secara permanen. Hal ini juga mengacu pada survei yang dilakukan oleh Brand Research Institute pada akhir Mei 2022. Survei ini merupakan wadah promosi untuk 47 prefektur di Jepang, salah satunya Okinawa.

Pertanyaan seputar "Apakah kamu bahagia?" kepada penduduk Okinawa memicu 41,8 persen menjawab 'sangat bahagia' 36,2 persen menjawab 'agak senang' dan sedikitnya 5,3 persen menyatakan 'tidak begitu bahagia' serta 2,6 persen menjawab 'tidak bahagia sama sekali.'

Survei juga melihat tentang kepuasan hidup, ketertarikan lokalitas dan keinginan untuk tinggal secara permanen. Prefektur Okinawa menduduki peringkat pertama dalam hasil survei tersebut. Hasil survei yang dilansir dari laman Nippon.com ini juga memaparkan daftar prefektur di Jepang sesuai tingkat kebahagiaan, dua hasil terbawah ialah Tokyo dan Akita, dua peringkat teratas ada Okinawa dan Kagoshima.

Hal unik dari Okinawa ialah termasuk salah satu dari lima zona di dunia yang masyarakatnya mempunyai kesempatan hidup lebih lama yakni Sardinia, Italia, Nicoya, Costa Rica, Ikaria, Yunani dan Loma Linda, California. Hal ini bukan karena sihir, kebiasaan makanan sehat yang ada sejak dahulu kala membuat penduduk Okinawa tidak rentan terhadap penyakit. 

Selain kualitas hidup manusia, Okinawa sendiri juga menjaga keberlangsungan hidup hewan dan tumbuhan. Terbukti dari keindahan alam bawah laut yang masih terjaga. Setidaknya terdapat 250 jenis terumbu karang hidup makmur di lautan mereka. Tak heran jika Okinawa menjadi salah satu tempat snorkeling terbaik di dunia.

Daya tarik untuk penduduk Indonesia kepada Okinawa sebagai tempat wisata ialah ketersediaan restoran halal dan tempat ibadah yang lumayan banyak untuk ukuran luar negeri seperti Jepang. Sayangnya, sensasi salju tidak dapat ditemukan di Okinawa karena terletak dalam wilayah subtropis. (*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Lifestyle
Ingin Berumur Panjang? Aturan Diet Jepang Ini Bisa Dicoba

Lifestyle
Toko di Jepang Ini Khusus Menjual Masker. Bukti Jika Masker Sudah Jadi Lifestyle

Lifestyle
Marchandise Pokemon Merambah Cincin Kawin