Tech

WhatsApp Bakal Lebih Efektif Deteksi Scammers

Jingga Irawan

Posted on August 7th 2022

Popularitas WhatsApp menjadikannya target utama scammers. Biasanya, para scammers ingin melakukan akses ilegal terhadap akun kalian.

Sebenarnya, WhatsApp mendukung verifikasi dua langkah untuk keamanan tambahan. Tetapi ini bukan fitur yang biasanya diaktifkan oleh sebagian besar pengguna untuk akun mereka. Dan dalam beberapa kasus, pengguna tanpa sadar membagikan kode sandi dua faktor 6 digit mereka pada penipu.

Sekarang, sebagai langkah keamanan tambahan, platform milik Meta tersebut sedang mengerjakan fitur permintaan persetujuan masuk.

foto: WABetainfo

Nantinya, ketika kalian memindahkan akun WhatsApp ke perangkat baru, fitur keamanan akan menampilkan prompt login di perangkat saat ini. Kalian tampaknya harus menyetujui permintaan untuk memulai proses transfer perangkat.

Jadi, jika scammers mencoba masuk ke WhatsApp dari perangkat baru, kalian dapat menolak permintaan tersebut. Tampilan prompt login dilaporkan juga akan menunjukkan detail penting lainnya seperti waktu dan detail perangkat tempat permintaan dikirim.

WABetaInfo melaporkan fitur persetujuan login perangkat saat ini sedang dalam pengembangan. Sehingga, belum ada kejelasan kapan akan diluncurkan ke publik. Harusnya, fitur ini pertama kali muncul di saluran beta WhatsApp di Play Store sebelum tersedia untuk masyarakat umum.

Baca Juga: Fitur iPhone Terbaik yang Bisa Digunakan Saat Bepergian

Tampilan persetujuan masuk perangkat dapat menggantikan prosedur masuk berbasis SMS WhatsApp saat ini. Yang terakhir ini dapat digunakan sebagai cadangan saat kalian nggak memiliki akses ke perangkat yang ada.

Fitur ini tampaknya juga terkait dengan mode pendamping WhatsApp yang akan datang, yang memungkinkan kalian menggunakan akun di ponsel atau tablet lain. Layanan milik Meta lainnya seperti Facebook dan Instagram sudah memiliki fitur login serupa.

Terlepas dari persetujuan masuk perangkat, WhatsApp sedang mengerjakan sejumlah besar fitur baru lainnya ke platform untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Ini termasuk kemampuan untuk mengekspor cadangan Google Drive, membatalkan obrolan yang dihapus, mengetahui pengguna yang keluar dari obrolan grup, dan banyak lagi.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Punya Aplikasi Asli di Windows yang Berfungsi Mandiri

Tech
Finally! WhatsApp Communities Dirilis Buat Pengguna Beta

Tech
Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp