![]() |
Posted on August 7th 2022 |
Meta sedang menguji platform live-streaming baru untuk influencer. Namanya adalah Super. Dengan platform baru ini, influencer bisa menyelenggarakan streaming langsung, memperoleh pendapatan, dan berhubungan dengan penonton.
Perusahaan akan membayar influencer antara USD 200 dan USD 3.000 bagi yang menggunakan platform itu selama 30 menit. Super memasuki pengembangan pada akhir 2020 dan saat ini sedang dikembangkan oleh tim Eksperimen Produk Baru Meta.
“Super adalah eksperimen kecil yang berdiri sendiri yang sedang dibangun oleh Eksperimen Produk Baru (NPE) dan saat ini sedang diuji dengan sekelompok kecil pembuat konten,” kata juru bicara Meta kepada TechCrunch melalui email.
Menurut Business Insider, Meta baru-baru ini menjangkau beberapa kreator konten yang meminta mereka untuk mencoba proyek baru. Platform yang mirip dengan Twitch itu saat ini sedang diuji dengan kurang dari 100 kreator, termasuk influencer teknologi Andru Edwards dan seleb TikTok Vienna Skye.
Platform tersebut beroperasi dengan sistem level di mana penonton membayar untuk akses ke fitur yang disertakan. Penonton juga dapat memberikan tip untuk live-streaming. Laporan tersebut menunjukkan bahwa kreator konten mengantongi 100 persen dari tip dan pendapatan yang diperoleh.
“Saat ini, ini hanya web,” kata juru bicara Meta kepada Business Insider. “Mereka telah mengujinya dengan sangat diam-diam selama sekitar dua tahun. Tujuan akhir [proyek NPE] pada akhirnya menciptakan proyek mandiri berikutnya yang dapat menjadi bagian dari keluarga produk Meta.”
Pengujian awal Meta untuk Super muncul ketika perusahaan baru-baru ini mengumumkan bahwa Facebook mematikan fitur live belanja pada 1 Oktober untuk mengalihkan fokusnya ke Reels.
Baca Juga: Fitur iPhone Terbaik yang Bisa Digunakan Saat Bepergian
Belanja live-streaming tersedia untuk umum di Facebook dua tahun lalu, setelah serangkaian uji coba kecil dan beta. Platform live-streaming berfungsi sebagai aliran pendapatan yang signifikan bagi Facebook.
Belanja live-streaming semakin populer di Asia, dan khususnya di Tiongkok. Namun, karena Facebook dan TikTok sama-sama membatalkan rencana live belanja mereka, tampaknya kesadaran konsumen secara umum dan belanja live-streaming masih rendah di luar Asia.
Namun, pengujian awal Super menunjukkan bahwa Meta percaya ada pasar platform streaming untuk influencer dan kreator konten. Meta masih dalam tahap pengujian awal untuk platform, dan kemungkinan akan mengubahnya sesuai dengan feedback dari kreator.(*)
Foto: META