Entertainment

Alasan Mengapa ‘The Sandman’ Tak Masuk di DC Universe

Jingga Irawan

Posted on August 6th 2022

Cukup aneh ketika mendengar bahwa The Sandman diadaptasi dari DC. Pasalnya, alam semesta yang diatur jauh berbeda dengan yang ditinggali Batman dan kawan-kawan. Namun akhirnya, ada alasan di balik mengapa The Sandman tak masuk dalam DC Universe.

Dalam sebuah wawancara dengan Variety, kreator The Sandman, Neil Gaiman, mengungkapkan alasan sebenarnya bahwa itu adalah upaya untuk membawa The Sandman lebih dekat ke komik, sehingga menampilkan lebih sedikit referensi dan koneksi ke DC Universe.

Gaiman juga berpendapat bahwa hal itu dibuat untuk memastikan penonton nggak mengharapkan Justice League muncul atau merasa harus menonton series lain untuk bisa menikmati The Sandman. Misalnya, jika kalian ingin tahu soal Kang the Conqueror yang akan muncul dalam Ant-Man, kalian perlu melihat Loki terlebih dahulu. Nah, Gaiman nggak mau model yang seperti itu.

The Sandman sendiri dimulai di DC Universe, komik, dan kemudian berakhir dengan mengembara ke tempatnya sendiri. Dunianya semakin bergabung dengan dunia kita dan menjadi semakin sedikit dunia di mana pejuang kejahatan berkostum terbang di sekitar dan seterusnya, yang berarti bahwa pada saat The Sandman selesai, ia memiliki estetika sendiri yang sebenarnya nggak menjadi DC Universe lagi,” kata Gaiman.

“Kami nggak ingin acara TV di mana kami merasa harus membaca banyak komik yang diterbitkan pada tahun 1988 dan 1989 untuk memahami apa yang sedang terjadi."

Selama edisi komik awal The Sandman, series ini menampilkan karakter DC seperti John Constantine, Martian Manhunter, dan penjahat Justice League, Doctor Destiny. Tapi acara TV-nya melupakan banyak karakter ini.

Acara tersebut memang menyertakan karakter baru bernama Johanna Constantine (Jenna Coleman), dan Doctor Destiny (David Thewlis) muncul sebagai John Dee. Tetapi keduanya nggak mirip dengan buku komiknya.

Baca Juga: 6 Istilah yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Nonton ‘The Sandman’ Netflix

Banyak yang penasaran dengan perubahan tersebut dan bertanya-tanya apakah itu karena The Sandman ada di Netflix, bukan HBO Max atau CW, yang merupakan tempat semua serial DC lainnya rilis.

Upaya The Sandman sebagai series yang berdiri sendiri dapat dilihat paling jelas dalam penggambaran Lucifer. Dalam series baru, karakter tersebut dimainkan oleh Gwendoline Christie. Bukan Tom Ellis, yang memerankan Lucifer pada series dengan nama yang sama di Netflix.

Lucifer adalah adaptasi dari komik yang merupakan spin-off dari The Sandman. Tetapi series baru ini tampaknya nggak terhubung. Ellis bisa saja kembali sebagai Lucifer untuk The Sandman tetapi series tersebut memutuskan untuk menggunakan versi yang lebih mirip dengan komiknya.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Tom Hardy Bakal Main Film Bareng Austin Butler dalam 'The Bikeriders'

Entertainment
6 Istilah yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Nonton ‘The Sandman’ Netflix

Entertainment
Sempat Diragukan, Netflix Ternyata Berhasil Adaptasi 'The Sandman'!