Tech

Instagram Bakal Uji Coba Tampilan Foto Layar Penuh, Mirip Reels

Jingga Irawan

Posted on August 6th 2022

Instagram belum berhenti mendesain ulang tampilan aplikasinya. Dilansir The Verge, pada Sabtu 6 Agustus 2022, CEO Adam Mosseri mengkonfirmasi bahwa Instagram akan mulai menguji foto ultra-tall ukuran 9:16 dalam satu atau dua minggu ke depan.

“kalian dapat memiliki video tinggi, tetapi kalian nggak dapat memiliki foto tinggi di Instagram,” kata Mosseri. “Jadi kami pikir mungkin kami harus memastikan bahwa kami memperlakukan keduanya biar adil.”

Saat ini, Instagram  memakai ukuran sekitar 4:5 ketika menampilkan gambar vertikal yang telah dipangkas. Tetapi memperkenalkan dukungan untuk foto 9:16 yang lebih ramping dan lebih tinggi akan memenuhi seluruh layar saat kalian scrolling feed di aplikasi.

Sebenarnya, desain ulang seperti TikTok dan Instagram dikritik oleh beberapa fotografer karena memaksa semua foto ditampilkan dalam bingkai 9:16. Dan itu nggak cocok dengan sebagian besar foto-foto hasil jepretan profesional.

Feed baru juga menambahkan gradien overlay ke bagian bawah posting-an, sehingga teks akan lebih mudah dibaca. Tapi itu berbenturan dengan penampilan asli karya fotografer.

Selama pengujian desain ulang Instagram yang penuh kritik pengguna, Mosseri mengakui bahwa sebenarnya tampilan layar penuh kurang ideal untuk foto. Sekarang, Instagram masih berniat untuk menampilkan foto yang sangat tinggi, meskipun nggak mewajibkannya secara menyeluruh.

Baca Juga: Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara

Data perusahaan sendiri menunjukkan bahwa desain Instagram yang dirombak sangat nggak disukai oleh beberapa orang sehingga mereka mulai jarang menggunakan aplikasi.

“aku pikir kita perlu mengambil langkah besar ke belakang, berkumpul kembali, dan mencari tahu bagaimana kita ingin bergerak maju,” kata Mosseri dalam sebuah wawancara pekan lalu.

Instagram juga mengatakan akan mengurangi jumlah rekomendasi yang ditampilkan kepada pengguna hingga lebih baik dalam memilih konten yang benar-benar mereka ingin nikmati.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara

Tech
Fitur YouTube ‘Edit into a Shorts’ Bantu Kreator Buat Shorts dari Video Panjang

Tech
Kesal Lihat Postingan Rekomendasi di Instagram? Begini Cara Mematikannya