Tech

Winamp, Software MP3 Masa Kecilmu Bakal Hadir Lagi!

Jingga Irawan

Posted on August 4th 2022

Winamp tampaknya nggak akan pernah mati. Menurut laporan Engadget, pengembang perngkat lunak pemutar musik itu baru saja merilis pembaruan untuk pertama kalinya dari MP3 klasik tersebut (5,9 RC1 Build 9999) dalam empat tahun terakhir.

Aplikasi itu telah dimigrasikan ke basis kode yang lebih baru (VS2019). Harapannya, fitur baru dapat ditambahkan setelah pengujian selesai.

Winamp mendapatkan ketenaran sebagai perangkat lunak musik selama era download. Itu adalah rumah bagi semua MP3. Aplikasi ini memainkan banyak format umum, dan terkenal dengan tampilan serta visualisator yang sangat dapat disesuaikan. Jadi, nggak heran kalau Winamp disebut sebagai software musik paling canggih pada zamannya.

Dengan menjamurnya iTunes dan, platform streaming digital seperti Spotify serta Apple Music, popularitas Winamp berkurang.

Baca Juga: Skin Asli Winamp Dijual Sebagai NFT

Pada 2013, perusahaan induk AOL menutup pengembangannya. Nggak lama setelah itu, Winamp dijual ke perusahaan audio digital Belgia bernama Radionomy. Dan tim di balik aplikasi tersebut, akhir-akhir ini, menjanjikan pengalaman yang baru dengan fitur podcast dan radio serta koneksi yang lebih dekat dengan artis.

Kembalinya Winamp jelas nggak akan menghidupkan kembali kebiasaan download. Pasalnya, streaming masih mendominasi, dan ada kemungkinan kalian lebih sering mendengarkan lagu di ponsel atau speaker mandiri daripada di PC. Namun, apabila Winamp memperbarui kemampuan aplikasinya seperti saingan lain, kemungkinan dia bisa bertahan. (*)

Artikel Terkait
Tech
Siap "Say Goodbye", Windows 10 Resmi Pensiun pada 2025

Tech
Skin Asli Winamp Dijual Sebagai NFT

Tech
Facebook Rilis Kacamata Pintar ‘Ray-Ban’, Bisa Dengarkan Musik dan Rekam Video