Sport

Hormati Bill Russell, Magic Johnson Usul Istirahatkan Nomor 6 di NBA

Tora Nodisa

Posted on August 3rd 2022

Foto: Rappler

Bill Russell, pemilik 11 cincin juara NBA sudah tutup usia. Seluruh komunitas liga berduka, dan melakukan berbagai kegiatan untuk menghormati mendiang mantan pemain legendaris Boston Celtics tersebut. Salah satu yang menarik adalah usul dari Earving "Magic" Johnson. Legenda Los Angeles Lakers tersebut meminta agar NBA mengistirahatkan nomor jersey 6. 

Magic Johnson menulis dalam akun Twitter dan langsung mention ke akun resmi NBA. Dia mengusulkan agar Adam Silver selaku commisioner NBA mengeluarkan aturan agar semua tim peserta tidak memakai nomor punggung 6. Dengan kata lain, tidak ada lagi pemain yang bisa memakai nomor jersey yang identik dengan Bill Russell. 

Usul Magic Johnson ini mungkin dirasa mustahil di NBA. Tapi, dia melihat liga lain bisa. Mayor League Baseball (MLB) mengistirahatkan nomor ersey 42 untuk menghormati mendiang Jackie Robinson. Dia adalah 6 kali All-Star dan juara MLB tahun 1955 bersama Dodgers. Magic Johnson melihat bahwa Bill Russell layak mendapatkan penghormatan yang sama seperti Jackie Robinson.  

Menurut data dari basketballnoise.com, di NBA musim 2021-22 ada 11 pemain yang memakai nomor jersey 6. Nama-nama yang cukup terkenal seperti Alex Caruso, Hamidou Diallo, Lance Stephenson, Lou Williams, Montrezl Harrell, Kristaps Porzingis, dan yang terakhir adalah LeBron James. Bintang Lakers tersebut sering berpindah-pindah nomor punggung antara 23 dan 6. 

"Enam memiliki banyak arti bagi saya, dari keluarga saya dan angka-angka dan hal-hal seperti itu hingga apa yang saya yakini dan hal-hal semacam itu, tetapi mentalitas saya tidak berubah," kata LeBron James dalam wawancara tahun 2021. 

Sementara itu, pihak NBA belum memberikan tanggapan terkait usulan Magic Johnson tersebut. Kalau memang usul tersebut diluluskan, maka tidak ada lagi pemain NBA yang memakai nomor jersey 6, termasuk King James. (*)

Artikel Terkait
Sport
NBA Berduka, Bill Russell Tutup Usia

Sport
Wasiat Bill Russell untuk Tim Duncan dan Penghormatan Terakhir Michael Jordan

Sport
Kisah Bill Russell, Pelatih Pertama NBA yang Berkulit Hitam