Lifestyle

McLaren Buat Sepatu Lari Seharga 6,7 Juta Rupiah

Tora Nodisa

Posted on August 3rd 2022

Foto: Sneakerbardetroit

Produsen mobil mewah asal Inggris, McLaren, mencoba memasuki pasar mode. Sebagai langkah awal mereka bekerjasama dengan Athletic Propulsion Labs (APL) untuk membuat sepatu lari. Sepatu yang diberi nama "HySpeed" dibuat terbatas (limited edition) dengan harga AS$450 atau 6,7 juta per pasang. Menurut McLaren ini dianggap sebagai supercar di dunia sneakers. 

McLaren berinvestasi senilai AS$3 triliun untuk memperluas jangkauan mereka. Mereka memasuki pasar mode dengan alasan McLaren sudah menguasai pasar mobil, serta semakin populernya tim Formula 1 milik mereka. McLaren akhirnya membuat proyek kolaborasi dengan brand sepatu Athletic Propulsion Labs untuk membuat produk tersebut. McLaren dan APL telah mengembangkan lini HySpeed ??selama dua tahun.

Sepatu ini dirancang dengan elemen yang mencerminkan mobil McLaren, termasuk menambahkan pelat serat karbon di bagian bawah. Kemudian bantalan sepatu diisi dengan nitrogen seperti layaknya sebuah mobil. 

"Produk yang ingin kami buat antara lain kacamata hitam, sepatu kets, atau street wear. Kami akan memastikan bahwa produk kami tetap sesuai dengan buaya streetwear dan olahraga," kata Gareth Dunsmore, kepala pemasaran McLaren, dikutip dari Business of Fashion.

Dibuat dengan midsole yang terdiri dari tiga baian. Bantalan sepatu dibuat dengan teknologi FutureFoam APL. Senyawa midsole yang disuntikan nitrogen, sehingga membuat pemakainya lebih enerjik. Pelat serat karbon full-length melengkapi sneaker HySpeed, membawa sepatu lari buatan McLaren ini menyamai produk merek Brooks dan New Balance. 

Inspirasi dari mobil balap dapat dilihat pada bantalan tumit, yang dibuat seperti kursi Senna untuk kenyamanan ultra-ringan dan dukungan premium. "Seperti melangkah ke McLaren, ini semua tentang mengoptimalkan kinerja, kelincahan, dan kecepatan," kata Goran Ozbolt, direktur desain McLaren, dalam siaran pers.

Tersedia lima warna berbeda dari sepatu HySpeed, dengan setiap palet warna disesuaikan dengan warna mobil McLaren. Sementara itu peluncuran sepatu ini mengikuti kesepakatan dengan K-Swiss, yang menjadi sponsor McLaren Racing mulai tahun 2023. Karena sepatu ini, dan produk dari K-Swiss bakal dipakai kru pit dan jajaran manajemen McLaren ketika balapan F1.

Sementara itu, McLaren membuka jalan kembali ke IndyCar. Balap mobil kursi satu kasta tertinggi di Amerika Utara. Mereka sudah absen dari IndyCar selama 40 tahun, dan baru masuk lagi di tahun 2020. Mereka belum pernah balapan karena pandemi. Rencananya, McLaren akan membuat fasilitas IndyCar senilai AS$25 juta di Indiana, Amerika Serikat.(*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Setelah Air Jordan, Billlie Eilish Kolaborasi dengan Nike Air Force

Sport
Intip Koleksi Vault By Vans Rancangan Joe Freshgoods

Lifestyle
5 Platform Sneakers Terbaik Pilihan Bustle Magazine