Lifestyle

7 Cara yang Bisa Buat Kamu Jadi Asisten Dosen

Nadia Fitriany

Posted on August 3rd 2022

Asdos atau asisten dosen merupakan jabatan impian yang diinginkan sebagian besar mahasiswa. Bukan hanya pengalaman baru, rasa bangga sekaligus ketenaran akan hinggap bagi kamu yang berhasil menjadi asisten dosen. Namamu juga mulai dibicarakan adik-adik tingkat di kampus, hal ini tentu sesuai dengan kinerjamu sendiri. Berikut 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi asdos.

Lakukan yang Terbaik dari yang Terbaik

Kamu harus pintar mencari celah untuk menyumbangkan ide-ide baru setiap tugas yang diberikan oleh dosen. Selain itu, kamu juga harus melakukan yang terbaik sekecil apapun tugas yang ada. Mungkin kamu akan terlihat ambisius, namun selama kegiatan ini tidak merugikan orang lain, lakukan saja agar dosen bisa cepat mengingat kamu.

Satu Langkah di Depan Teman

Dosen akan sangat suka kepada mahasiswa yang punya inisiatif menggali studi kasus sebelum kelas dimulai, artinya kamu terlihat niat dan memiliki minat yang tinggi pada mata kuliah tersebut. Belajar materi sebelum kelas juga membuat wawasan kamu lebih luas dibanding temanmu. Daya tarik ini yang membuat kamu ideal mengisi posisi asisten dosen.

Menyajikan Presentasi yang Menarik

Salah satu tugas umum yang dilakukan mahasiswa ialah presentasi, selain mengukur pengetahuan, peresentasi juga melatih kemampuan komunikasi kamu di depan umum. Dosen akan lebih suka kepada mahasiswa yang bisa membuat suasana presentasi menjadi kondusif dan komunikatif. Kamu harus pintar-pintar membuat PPT, kalimat pembuka yang seru hingga menguasai topik yang akan kamu sampaikan.

Berkarya di Kampus

Perlombaan di bidang karya tulis ilmiah merupakan salah satu ajang yang diminati dosen. Dosen bisa mengukur kemampuan mahasiswa lewat tulisan ilmiah mereka. Hal ini juga melatih kamu sebelum menulis tugas akhir atau skripsi.

Mengikuti Tren atau Isu Terkini

Wawasan luas merupakan tipe ideal yang dicari oleh dosen. Kamu akan dianggap peka terhadap lingkungan sekitarmu dengan rajin membaca berita lokal maupun umum. Terkadang, dosen memulai kelas dengan bertanya tentang isu-isu terkini, sehingga ini kesempatan kamu untuk mencuri hati dosenmu.

Membangun Hubungan Baik dengan Dosen

Hindari permasalahan-permasalahan yang bisa mencoreng nilai diri kamu di hadapan dosen. Tidak sedikit mahasiswa yang memiliki masalah dengan dosen sehingga permasalahan itu menyebar dan dosen-dosen lain ikut tidak suka kepadamu.

Jangan Menyebar Banyak Jala

Sebelum memutuskan menjadi asisten dosen, kamu perlu menargetkan satu sampai dua subjek kuliah yang ingin kamu kuasai. Hal ini bisa membuat kamu lebih fokus sehingga bisa lebih percaya diri menyelesaikan studi kasus yang ada dalam mata kuliah tersebut.

Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencuri hati dosen agar Ia mau memilih kamu sebagai asisten. Tentunya, tanggung jawab yang akan dipikul oleh asisten dosen tidak mudah. (*)

Foto: PhotoMix-Company

 

Artikel Terkait
Opinion
Sudah Siapkah Kamu Untuk Kuliah?

Lifestyle
Revenge Bedtime Procrastination, Alasan Susah Tidur di Malam Hari

Lifestyle
5 Skill yang Perlu Dipelajari sebelum Kuliah, Biar Siap Hadapi Dunia Baru