Sport

Wasiat Bill Russell untuk Tim Duncan dan Penghormatan Terakhir Michael Jordan

Tora Nodisa

Posted on August 2nd 2022

Foto: San Antonio Express News

31 Juli 2022 adalah hari berkabung bagi penggemar bola basket di seluruh dunia, dengan meninggalnya legenda, NBA Bill Russell. Seorang juara NBA 11 kali dan rekornya belum pernah terpecahkan sampai saat ini. Sebelum meninggal, Russell punya wasiat untuk mantan pemain San Antonio Spurs, Tim Duncan. Sementara itu, Michael Jordan juga memberikan penghormatan terakhir untuk pemain legendaris tersebut. 

Bill Russell adalah favorit kebanyakan pemain NBA. Tetapi dia juga punya pemain idola. Dan, ternyata idolanya adalah Tim Duncan, mantan center San Antonio Spurs, yang notabene jauh lebih muda darinya. Semasa hidup, Bill Russell jarang membicarakan tentang Duncan. Tapi tiba-tiba namanya mencuat saat Russell tutup usia. 

Ternyata ini ada hubungannya dengan wasiat Bill Russell. Video percakapan Russell dan Duncan kembali beredar di media sosial. Padahal itu direkam setidaknya 13 tahun yang lalu. Dalam pembicaraan tersebut, Russell secara pribadi meminta Duncan menjadi pengusung peti jenazahnya kalau dia meninggal. Permintaan ini sama seperti mendiang Jackie Robinson yang memohon agar Russell mau menjadi pengusung peti jenazahnya. 

Duncan dianggap sebagai pewaris sejati Russell, karena dia tidak hanya menjadi center dari salah satu dinasti terbesar di NBA. Duncan juga menjadi salah satu pemain yang punya catatan kemenangan banyak di liga. Sepanjang Duncan bermain, Spurs tidak pernah melewatkan babak Playoff.

Selain Duncan, nama Michael Jordan juga jadi bahan pembicaraan setelah Russell meninggal. Ini karena Russell selalu memasukkan Jordan sebagai 5 pemain terbaik sepanjang masa, saat dia ditanya tentang hal tersebut. 

Bill dan Jordan berbagi rasa saling menghormati yang mendalam, mewakili era kebesaran yang berbeda. Kedua Hall of Famers tersebut membentuk pilar National Basketball Association. Jordan memberi penghormatan khusus kepada mendiang Bill Russell. 

Bill Russell bukan hanya sosok pemain NBA yang hebat. Dia juga pejuang yang fokus melawan ketidakadilan komunitasnya. Termasuk memprotes dan bahkan memboikot pertandingan kalau terjadi ketidakadilan. Bahkan Mantan Presiden Barack Obama menganugerahi legenda Boston Celtics tersebut dengan Presidential Medal of Freedom. (*)

Artikel Terkait
Sport
NBA Berduka, Bill Russell Tutup Usia

Sport
Bocoran Air Jordan 37 yang Siap Rilis Tahun 2022

Sport
5 Pemain NBA dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah