Entertainment

Tom DeLonge Beneran Balik ke Blink-182, atau Kangen Aja?

Tora Nodisa

Posted on August 2nd 2022

Foto: Rollingstone

Band Pop-Punk Blink-182 masih eksis sampai sekarang. Mereka masih mengeluarkan album studio berjudul "Nine" di tahun 2019. Namun yang menarik dari band ini adalah cerita tentang personelnya, terutama Tom DeLonge. Gitaris sekaligus vokalis ini sering keluar-masuk band. Bahkan akhir-akhir ini, dia memberi sinyal balik ke Blink-182, meski band tersebut sudah nyaman dengan gitaris barunya, yaitu Matt Skiba. 

Blink-182 terbentuk tahun 1992 di Poway, California, Amerika Serikat. Digawangi Mark Hoppus (bass dan vokal), Tom DeLonge (gitar dan vokal), dan Scott Raymor (drum). Mereka bertiga sempat merekam album berudul "Cheshire Cat" (1995), dan "Dude Ranch" (1997). Scott keluar pada tahun 1998 dan digantikan oleh Travis Barker. 

Formasi ini yang paling fenomenal, termasuk dikenal di Indonesia. Sebab album mereka yang berjudul "Enema of the State" (1999) meledak di pasaran. Anak-anak band Indonesia waktu ini banyak yang meniru gaya dan memainkan lagu-lagu Blink-182. Sampai sekarang mungkin masih didengar oleh anak-anak muda seperti "Adam's Song", "What's My Age Again?", dan "All the Small Things". Total ada 12 lagu dalam album tersebut yang ditulis oleh Mark Hoppus dan Tom DeLonge. 

Perpecahan di tubuh Blink-182 dimulai oleh Tom DeLonge. Dia membuat proyek solo band, yang diberi nama Angels And Airwaves (AVA). Sementara karena Tom terlalu sibuk dengan band barunya, Mark dan Travis membentuk +44 dan sempat mengeluarkan satu lagu. Sampai akhirnya, dua tahun pasca keluarnya album "Blink-182" (2003), mereka vakum dan tidak bermain musik sama sekali. Tom fokus di Angels And Airwaves, sedangkan kedua sahabatnya malah sibuk menulis lagu baru. 

Pada awal tahun 2009, band ini kembali berkumpul. Mereka memutuskan untuk membuat album lagi berjudul "Neighborhoods" (2011) dengan single yang familiar di telinga berjudul "After Midnight". Blink-182 berjalan seperti biasa sampai tahun 2015. Lalu Tom membuat ulah lagi. Dia keluar dari band yang membesarkan namanya. 

Tak tahan dengan ulah sahabatnya tersebut, Mark dan Travis membuat keputusan bahwa mereka harus lanjut. Mereka memasukkan Matt Skiba, mantan gitaris band Alkaline Trio dalam sebuah konser di tahun 2015. Kemudian Skiba secara resmi masuk jadi anggota Blink-182 pada awal 2016, hingga meneluarkan dua album studio berjudul "California" (2016) dan "Nine" (2019). 

Tiba-tiba pada 1 Agustus 2022, Tom Delonge membuat jagad musik gempar. Tom mengunggah sebuah foto lama dalam akun Instagram pribadinya. Foto hitam-putih yang menggambarkan keakraban tiga personel Blink-182. Tom tidak menuliskan apa-apa di kolom komentar. Hanya mention akun @blink182 saja. 

Dari unggahan tersebut, media langsung mengaitkan dengan kembalinya Tom DeLonge ke Blink-182. Karena dalam deskripsi profilnya, Tom menuliskan kalimat "I make music (@blink182 and @angelsandairwaves). Netizen langsung merespons dengan memberikan komentar bahwa Tom akan segera kembali ke Blink-182. 

Tetapi Blink-182 sendiri sepertinya tidak merespons apa yang dilakukan Tom. Karena mereka merilis beberapa merchandise untuk ulang tahun ke-30, tanpa ada ikon Tom. Seperti boneka band yang menggambarkan gitarisnya adalah Mat Skiba, bukan Tom. Karena gitar yang dipegang adalah merek Fender, yang biasa dipakai Skiba. Tom sendiri identik dengan gitar Gibson. 

Sementara itu Skiba sendiri ketika dikonfirmasi juga melemparkan pernyataan yang meragukan bahwa dia masih bersama Blink-182 atau tidak. "Bagaimanapun, saya sangat bangga dan berterima kasih atas waktu saya bersama blink-182. Kita akan melihat…"

Jadi apakah Tom DeLonge akan kembali bersama Blink-182, atau dia hanya kangen saja dengan teman-temannya. Kita lihat saja nanti. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Travis Barker Umumkan Konser ‘House of Horrros’ Bareng MGK sampai Avril Lavigne

Entertainment
Travis Barker Sebut Billie Eilish dan Olivia Rodrigo Bintang Baru di Pop-Punk

Entertainment
Avril Lavigne “Merasa Terhormat” Bisa Kolaborasi bareng Mark Hoppus Blink-182