Tech

App Store di iPhone Bakal Punya Banyak Iklan

Jingga Irawan

Posted on August 2nd 2022

Iklan sudah menjadi pemandangan umum di Apple App Store. Terutama saat mencari aplikasi. Tetapi sekarang, Apple tampaknya akan meluncurkan iklan di lebih banyak lagi di bagian App Store. So, bagi kalian pengguna iPhone jangan kaget ya!

Apple akan memungkinkan pengembang aplikasi untuk mengatur jenis iklan baru di App Store, yang muncul di tab utama “Today,” di samping pilihan aplikasi Apple sendiri. Sementara itu, Apple juga meluncurkan iklan di bagian bawah daftar aplikasi, tepatnya setelah bagian “Kamu mungkin juga suka.”

“Iklan Pencarian Apple memberikan peluang bagi pengembang dari semua level untuk mengembangkan bisnis mereka. Seperti penawaran iklan kami yang lain,” kata juru bicara perusahaan kepada MacRumors dalam sebuah pernyataan.

“Penempatan iklan baru ini dibangun di atas dasar yang sama, penempatan tersebut hanya akan berisi konten dari halaman produk App Store yang disetujui aplikasi, dan akan mematuhi standar privasi ketat yang sama.”

Apple telah menambahkan iklan di perangkatnya selama beberapa tahun terakhir bersamaan dengan janji untuk menindak pelacakan privasi yang bisa dilakukan pihak ketiga.

Baca Juga: Kisah Unik di Balik Nama Aplikasi ‘Spotify’, Ternyata...

Pendapatan iklan menjadi semakin penting bagi perusahaan karena semakin sedikit pengguna yang upgrade ponsel dan komputer dalam jangka pendek. Apalagi, pengguna Apple memilih produknya karena terkenal bisa bertahan lama. Terutama soal mendapat update sistem operasi.

Perusahaan melaporkan pendapatan USD 19,60 miliar dari layanan dari App Store selama kuartal ketiga 2022 (termasuk uang dari iklan), meningkat 12 persen dari waktu yang sama tahun lalu.

Apple juga bukan satu-satunya merek yang meningkatkan iklan di toko aplikasinya. Kembali pada bulan Mei, Microsoft juga mulai menguji iklan di pencarian dan area lain dari Microsoft Store di Windows.(*)

Foto: Apple Insider

Artikel Terkait
Tech
Segera Rilis, iPhone 13 Bisa Terkoneksi dengan Satelit?

Tech
Koneksi iPhone 13 ke Satelit Ternyata Hanya untuk Keadaan Darurat

Tech
iPhone Generasi Baru Bakal Bisa Dipakai Pengguna Mengetik Saat Hujan