Tech

Spotify Akhirnya Pisahkan Tombol ‘Play’ dan ‘Shuffle’

Jingga Irawan

Posted on August 2nd 2022

Spotify baru saja menambahkan fitur paling dasar ke aplikasi iOS dan Android-nya, yakni memisahkan tombol play dan shuffle pada daftar putar dan halaman album.

Hingga saat ini, jika pengguna mengetuk tombol putar, daftar lagu akan memulai pemutaran dengan mode acak. Bukan urut seperti yang sudah tersusun di albumnya. Untuk memutar secara berurutan, kalian perlu mengetuk satu lagu terlebih dahulu.

Tombol putar terpisah dan acak hanya akan tersedia untuk pelanggan Spotify Premium. Jadi pengguna gratis tak mendapat fitur istimewa tersebut. Tetapi, fitur ini sempat membingungkan beberapa pengguna, lho.

Seperti yang dicatat oleh satu ulasan ke forum Komunitas Spotify, tombol yang ada di aplikasi cukup berbeda antar perangkat. Di perangkat seluler, daftar putar memiliki gabungan tombol shuffle/play. Tetapi di desktop, tombolnya hanya play biasa. Belum diketahui apakah pengguna gratis masih bisa memutar urut di desktop nantinya.

Baca Juga: Apa itu Chromebook?

Jadi, di luar daftar putar tertentu, pengguna gratis hanya dapat menggunakan Spotify dalam mode acak saja untuk seluler. Fitur ini rencananya akan ditambahkan oleh aplikasi pada beberapa minggu mendatang.

Tahun lalu, bintang pop ternama, Adele, menekan platform streaming untuk menghapus tombol shuffle dari album. Dia berpendapat bahwa album harus didengarkan secara berurutan, seperti yang diinginkan artis. Tampaknya, Spotify mengeluarkan fitur ini sebagai tanggapan atas komentar tersebut. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Fitur YouTube ‘Edit into a Shorts’ Bantu Kreator Buat Shorts dari Video Panjang

Tech
Empat Mitos Android Terbesar yang Mungkin Kalian Percaya

Tech
Begini Cara Mudah Kirim Pesan Terjadwal WhatsApp di Android dan iOS