Sport

Pemain NBA yang Punya Signature Shoes Selain Nike, Adidas, dan Jordan

Tora Nodisa

Posted on August 1st 2022

Foto: Li-Ning

Menurut data yang disajikan kixstats.com dari semua pemain NBA yang tampil selama musim 2021-22, sebagian besar memakai sepatu Nike. Persentase-nya sekitar 59,1 persen. Lebih dari separuh pemain di liga menggunakan merek tersebut. Selebihnya dibagi oleh merek-merek seperti Jordan dan Adidas. Namun ada juga yang memakai sepatu di luar tiga brand besar ini. Termasuk mereka yang sudah memiliki signature shoes. 

Bagi seorang pemain NBA, signature shoes tidak sekadar sepatu miliknya saja. Bisa diartikan sebuah penghargaan atas dedikasi mereka untuk permainan bola basket. Memiliki signature shoes dari merek ternama seperti Nike, Adidas, dan Jordan memang jadi impian semua pemain. Tetapi akhir-akhir ini, ada pemain yang menerima pinangan brand lain, seperti Converse, New Balance, Peak, Anta, dan masih banyak lagi. Beberapa dari mereka sudah mendapatkan signature shoes.

Berikut ini pemain-pemain NBA yang memiliki signature shoes di luar tiga brand besar. Pemain ini masih aktif di NBA:

1. Stephen Curry
Merk: Under Armour / Curry Brand
Sepatu: Curry Flow 9
Kisaran Harga: 2,3 juta rupiah

Bintang Golden State Warriors Stephen Curry menjadi pemain NBA pertama yang menandatangani kontrak senilai dua kali berdurasi lima tahun. Dalam satu kali kontrak dengan Under Armour, Curry menerima 2,9 triliun rupiah. Dia dikontrak Under Armour sejak 2013. Kemudian pada akhir tahun 2020, Curry dibuatkan merek sendiri oleh Under Armour bernama Curry Brand. Jadi perjalanan karir Curry dalam hal sneakers sudah mengikuti jejak Michael Jordan dengan Nike. 

2. Joel Embiid
Merek: Under Armour
Sepatu: Under Armour Embiid One
Kisaran Harga: 1,4 juta rupiah

Joel Embiid mendapatkan kontrak sebagai duta dari Under Armour sejak tahun 2018. Tetapi baru berjalan dua tahun, atau tepatnya pada tahun 2020, Under Armour membuatkan Embiid Signature Shoes yang diberi nama UA Embiid One. Embiid sendiri tidak menikmati kontrak endorsment tersebut sendirian. Karena pada bulan Maret 2020, Embiid menyumbangkan sekitar 7,4 miliar rupiah untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. 

3. Lou Williams
Merek: Peak
Sepatu: Peak Taichi Flash
Kisaran Harga: 1,7 juta rupiah

Sebenarnya Lou Williams yang tergolong pemain veteran di NBA, gajinya tidak sebesar pemain papan atas seperti Giannis Antetokounmpo atau Joel Embiid yang masih relatif muda. Lou memiliki kontrak senilai AS$16 juta atau setara 237 miliar rupiah untuk satu musim. Tapi pendapatannya di tahun 2021 meningkat hingga mencapai AS$80 juta. Salah satunya karena dukungan dari PEAK Sports. Sebuah merek sepatu asal Tiongkok yang mendukungnya sejak tahun 2015. Sampai saat ini, Lou masih setia menggunakan sepatu dari merek tersebut. 

4. Klay Thompson
Merek: Anta
Sepatu: Anta KT7
Kisaran Harga: 2,2 juta rupiah

Pada tahun 2015, Klay Thompson mendapatkan kontrak dengan Anta untuk pertama kalinya. Lalu setelah dua tahun berjalan, Klay diikat dengan perjanjian kontrak senilai AS$80 juta atau setara dengan 1,1 triliun rupiah untuk 10 tahun. Anta sendiri menyebut perusahaan mereka yang terdepan dalam hal produk olahraga di Tiongkok. Sayangnya, sampai sekarang produk Anta, khususnya signature shoes Klay Thompson masih sulit ditemukan. Sebaliknya, Thompson tidak mempermasalahkan soal penjualan. Dirinya berharap suatu saat nanti bisa mendapatkan merek sendiri dari Anta. Sama seperti Michael Jordan dan Stephen Curry. 

5. CJ McCollum
Merek: Li-Ning
Sepatu: Li-Ning CJ1
Kisaran Harga: 1,7 juta rupiah

Shooting guard CJ McCollum adalah penggemar berat Jordan. Secara pribadi McCollum mengoleksi Jordan dan Nike untuk dia pakai di luar lapangan. Tapi kecintaannya pada merek tersebut tidak bisa berjalan selaras dari sisi bisnis. Nike menolak tawaran yang diajukan McCollum. Sebagai gantinya, dia menandatangani kontrak dengan Li-Ning pada tahun 2017. Lalu pada tahun 2021, Li-Ning mengeluarkan signature shoes untuk McCollum yang diberi nama CJ1. McCollum menjadi pemain NBA kedua yang mendapatkan signature shoes dari Li-Ning. Karena sebelumnya perusahaan tersebut memberikan sepatu khas untuk legenda Miami Heat, Dwyane Wade. 

6. Gordon Hayward
Merek: Anta
Sepatu: Anta GH2
Kisaran Harga: 2,3 juta rupiah

Setelah Klay Thompson menandatangani kontrak 10 tahun dengan Anta, Gordon Hayward ikut-ikutan merapat ke merek tersebut. Pada tahun 2019, Hayward membuat kesepakatan berdurasi empat tahun dengan Anta. Karena nilai kontrak yang ditawarkan lebih besar dari Nike dan New Balance. Namun tidak disebutkan berapa nilai kontraknya. Karena dianggap punya potensi yang bagus, maka Anta mengeluarkan signature shoes untuk Hayward. Sama seperti Klay Thompson. 

7. Langston Galloway
Merek: Ethics
Sepatu: Ethics LG One
Kisaran Harga: 1,7 juta rupiah

Mungkin dari semua endorsment di NBA, ini yang paling unik. Langston Galloway mendapatkan signature shoes dari Ethics, sebuah brand yang dia kembangkan sendiri. Jadi merek tersebut juga miliknya sendiri, dan sepatunya juga didesain oleh Galloway sendiri. Awalnya Galloway dikontrak oleh Q4 Sports. Kemudian pada musim 2020-21, kontrak tersebut habis. Akhirnya di tengah kebuntuan tersebut, Galloway memutuskan untuk membuat merek sendiri.

8. Spencer Dinwiddie
Merek: K8IROS
Sepatu: K8IROS Mark II
Kisaran Harga: 1,9 juta rupiah

Sama seperti Galloway, Spencer Dinwiddie sukses mengembangkan merek sendiri. Perusahaan sepatunya diberi nama K8IROS (dibaca: Ky-Ros). Dengan adanya perusahaan ini, Dinwiddie tidak perlu takut lagi soal kontrak sepatu. Karena dia sendiri yang membuatnya. Debut sepatu pertamanya adalah 8.1, kemudian siluet kedua dinamakan Mark II. Namun sepertinya Dinwiddie kesulitan mendongkrak penjualan K8IROS. Hingga dia memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan merek 361 pada bulan April 2022. 

9. LaMelo Ball
Merek: Puma
Sepatu: Puma MB.01
Kisaran Harga: 1,8 juta rupiah

Tak dipungkiri kalau persona LaMelo Ball di NBA cukup menarik. Sehingga membuat brand Puma memberinya kontrak eksklusif yang nilainya 148 miliar rupiah. Tapi durasinya tidak disebutkan. Sekarang LaMelo sedang menikmati perannya sebagai duta Puma dengan signature shoes bernama Puma MB.01. (*)

Artikel Terkait
Sport
Nike Beri Sepatu Baru untuk Devin Booker

Sport
Under Armour Ancam Dominasi Nike Setelah Final NBA 2022

Sport
Warna-warni Puma MB.01 'Be You' Milik LaMelo Ball