Sport

NBA Berduka, Bill Russell Tutup Usia

Tora Nodisa

Posted on August 1st 2022

Foto: ESPN

Bill Russell, juara NBA 11 Kali, meninggal dunia pada usia 88 tahun. Legenda NBA ini juga menjadi tokoh perjuangan sosial di Amerika Serikat. Dia memimin Boston Celtics sampai di masa kejayaannya pada era 50-an. Kematiannya diumumkan oleh keluarga dan NBA. Tidak ada penyebab kematian, Russell meninggal dengan tenang. 

Russell diakui sebagai legenda Celtics meskipun dia tidak pernah menjadi pencetak poin terbanyak. Tapi dia bisa membuat pemain lain terlihat bagus. "Ukuran terpenting dari seberapa bagus permainan yang saya mainkan adalah seberapa baik saya membuat rekan tim saya bermain," kata Russell, dalam sebuah wawancara. 

Russell adalah rebounder dan defender yang dominan, dan dia menggunakan tinggi badannya untuk bermain basket modern. Satu-satunya pemain yang bisa bersaing dengan Russell di masa jayanya adalah Wilt Chamberlain. 

Russell juga menjadi pelatih kulit hitam pertama saat dirinya ditunjuk menggantikan Red Auerbach sebagai pelatih Celtics. "Saya tidak ditawari pekerjaan itu karena saya seorang Negro," katanya Russell. "Saya ditawari karena Red pikir saya bisa melakukannya." 

Hasilnya Celtics memenangkan gelar pada tahun 1968 dan 1969 dengan Russell sebagai pemain dan pelatih. Tetapi untuk semua pencapaian individunya, Russell adalah MVP NBA lima kali, 11 gelar juara NBA dalam 13 tahun, termasuk delapan gelar berturut-turut. 

"Bill Russell adalah juara terbesar di semua olahraga tim," komisaris NBA Adam Silver, Senin, 1 Agustus 2022. 

NBA bahkan mengabadikan salah satu gerakan Russell sebagai trofi Final MVP pada tahun 2009. Russell secara pribadi menyerahkan penghargaan tersebut kepada bintang-bintang seperti mendiang Kobe Bryant, LeBron James dan Kevin Durant. Russell bahkan masih menyerahkan trofi kepada Stephen Curry yang menjadi MVP Final NBA 2022. Itu adalah momen tahunan dimana satu pemain dengan dampak terbesar pada kemenangan diakui oleh pemain dengan penghargaan terbesar di seluruh liga. 

"Saya menentukan di awal karir saya," kata Russell, "satu-satunya statistik penting dalam bola basket adalah skor akhir." (*)

Artikel Terkait
Sport
Hormati Bill Russell, Magic Johnson Usul Istirahatkan Nomor 6 di NBA

Sport
Wasiat Bill Russell untuk Tim Duncan dan Penghormatan Terakhir Michael Jordan

Sport
5 Faktor Kemenangan Celtics dari Warriors di Game 1 Final NBA 2022