Tech

Sukses dengan Video Pendek, TikTok Bakal Perluas Bisnis ke Layanan Musik

Jingga Irawan

Posted on July 31st 2022

Setelah sukses dengan layanan video pendeknya, perusahaan induk TikTok, ByteDance, mengajukan merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS pada Mei 2022. Menurut TechCrunch, pengajuan tersebut ditujukan untuk layanan yang bernama "TikTok Music."

Dilansir Business Insider, pengajuan tersebut menunjukkan bahwa merek dagang itu dapat diterapkan berupa aplikasi seluler yang akan digunakan oleh pengguna untuk membeli, memutar, berbagi, dan mengunduh musik.

Aplikasi video berdurasi pendek TikTok sebenarnya sudah menjadi tren untuk mendengarkan musik. Sering kali bisa membuat lagu semakin populer setelah digunakan dalam video. Sebuah laporan yang dirilis oleh perusahaan tahun lalu menunjukkan bahwa 175 lagu yang menjadi tren di TikTok melesat tinggi di chart Billboard 100.

Selain itu, laporan terbaru yang diterbitkan oleh investor musik yang berbasis di Inggris menunjukkan bahwa lagu-lagu yang populer di TikTok mendorong pemutaran tambahan di YouTube dan Spotify. Nah, meskipun TikTok bisa bikin lagu-lagu ini populer, layanan media sosial itu tak punya tempat untuk menyetel lagu sendiri.

Malah, pengguna yang sudah berhasil menemukan musik di tren video pindah ke layanan populer seperti Spotify atau Apple Music untuk memutar lagu TikTok favorit mereka. Namun, perusahaan induk TikTok, ByteDance, sebenarnya juga mengoperasikan layanan streaming musik bernama Resso di India, Brasil, dan Indonesia.

Baca juga: Kesal Lihat Postingan Rekomendasi di Instagram? Begini Cara Mematikannya

Menurut seorang sumber yang berstatus mantan karyawan ByteDance, mengatakan kepada TechCrunch bahwa perusahaan memang mempertimbangkan untuk meluncurkan Resso ke berbagai pasar global di bawah nama "TikTok Music.” Bahkan, sudah mempertimbangkan peluncuran di pasar yang matang seperti Inggris dan Australia.

Selain TikTok sediri, aplikasi Resso juga akan menjadi ancaman bagi layanan musik di AS yang ada, mengingat hubungannya yang dekat dengan TikTok dan aspek jejaring sosialnya. Resso mirip seperti TikTok, pengguna dapat melewati lagu dengan scrolling ke atas dan ke bawah.

TikTok telah mendominasi pasar video berdurasi pendek dan menjadi aplikasi bukan dari perusahaan Facebook pertama yang mencapai tiga miliar unduhan secara global. Pertumbuhannya telah menyebabkan Instagram dan YouTube mempertimbangkan platform dan menggunakan pendekatan bisnis yang mirip. (*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Aplikasi TikTok Now Populer di Luar AS, Terutama untuk Kalangan Gen Z

Tech
TikTok Tambah Perlindungan Privasi dan Batasi Pemberitahuan untuk Remaja

Tech
Kesal Lihat Postingan Rekomendasi di Instagram? Begini Cara Mematikannya