Tech

Kesal Lihat Postingan Rekomendasi di Instagram? Begini Cara Mematikannya

Jingga Irawan

Posted on July 30th 2022

Karena persaingannya dengan TikTok, feed Instagram kini berubah total. Salah satunya ditandai dengan kemunculan posting-an rekomendasi yang begitu banyak. Satu kali scroll, kalian bisa menemukan tiga posting dari rekomendasi. Belum lagi deretan sponsor merek ternama. Alhasil, foto-foto unggahan teman terdekat kalian mau nggak mau akhirnya tenggelam.

Nah, kalau kalian sudah merasa posting-an rekomendasi itu sudah annoying banget, ada cara untuk mencegah konten tersebut muncul di akun kalian. Dan kali ini MainMain bakal jelaskan langkahnya.

Namun, yang perlu kalian tahu, kalian nggak bisa mematikannya secara permanen ya! Tetapi, kalian bisa menunda rekomendasi dari feed Instagram utama selama 30 hari, lho.

-Pertama, lakukan scrolling sampai menemukan posting yang direkomendasikan. Ini biasanya disertai dengan penjelasan mengapa kalian melihatnya, seperti” karena kamu menonton Reels dari ...” atau "karena kamu mengikuti ... bla bla bla...”

-Lalu, ketuk simbol X di kanan atas. Atau kalian bisa menekan simbol tiga titik di pojok atas dan klik “Tidak Tertarik.”

-Setelah melakukannya, kalian akan melihat teks yang mengonfirmasi bahwa posting-an tertentu telah disembunyikan. Tapi kita nggak puas menghilangkan satu rekomendasi saja, kan gengs. Kita mau bebas dari semua konten rekomendasi dari mereka.

-Nah, dari opsi yang tercantum, ketuk tunda (snooze) semua posting-an yang disarankan di feed selama 30 hari.

-Setelah itu, tanda centang hijau akan muncul, dengan konfirmasi bahwa feed kalian nggak akan berisi postingan yang disarankan selama 30 hari ke depan. Kalau sudah melewati periode 30 hari? Ya kalian harus mengatur snooze lagi!

Baca Juga: Pengguna Buat Petisi Agar Instagram Berhenti Meniru TikTok, Kylie Jenner Gabung

Perlu diingat, menghilangkan posting rekomendasi nggak akan menghentikan iklan in-feed Instagram. Tetapi paling nggak foto-foto lucu teman dan keluargamu bisa muncul daripada posting-an dari akun asing yang nggak kalian inginkan.

Jangan lupa, kalian sekarang juga dapat mengurutkan feed secara kronologis dengan mengetuk logo Instagram di kiri atas dan memilih Following.(*)

Foto: Instagram

Artikel Terkait
Tech
BeReal Sukses Besar! Sekarang Punya 10 Juta Pengguna Aktif Harian

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara

Tech
TikTok Uji Coba Feed ‘Nearby’ Baru, Buat Nampilin Konten Lokal