Tech

TikTok Perluas Uji Coba Mini Game ke Aplikasinya, Ada 9 Koleksi Lho!

Jingga Irawan

Posted on July 30th 2022

TikTok sebentar lagi bakal punya layanan jagoan baru. Raksasa teknologi asal Tiongkok itu telah menguji coba beberapa koleksi kecil mini-game dalam aplikasinya.

Ada sembilan game yang tersedia sebagai bagian dari agenda uji coba ini. Game tersebut dapat ditambahkan ke video sebelum diunggah dengan menggunakan opsi “Add Link” dan memilih “Mini Game.”

Penonton dapat memainkan game yang ditautkan dengan mengetuk tautan yang muncul di bawah nama pengguna akun saat video diputar. Saat bermain game, ada juga opsi untuk merekam gameplay dan kemudian mem-posting ke TikTok. Jadi, kalian nggak perlu memasang aplikasi pihak ketiga untuk mengabadikan skor tinggi.

 “Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami dan secara teratur menguji fitur dan integrasi baru yang membawa nilai bagi komunitas kami. Saat ini, kami sedang menjajaki menghadirkan game HTML5 ke TikTok melalui integrasi dengan pengembang dan studio game pihak ketiga,” kata juru bicara TikTok mengkonfirmasi uji coba dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada TechCrunch.

Menurut TechCrunch, uji coba ini dirancang untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana pengguna TikTok berinteraksi dan membuat konten seputar game.

Game tersebut tersedia di AS dan aplikasi versi Inggris. Sembilan game tersebut dikembangkan oleh beberapa studio. Termasuk Vodoo, Nitro Games, FRVR, Aim Lab, dan Lotum. Sementara itu, ByteDance membeli studio game-nya sendiri tahun lalu, Moonton Technology, yang berbasis di Shanghai.

Baca juga: Fitur YouTube ‘Edit into a Shorts’ Bantu Kreator Buat Shorts dari Video Panjang

TikTok memang berencana untuk mendorong pengguna bermain game. Agar orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi dan meningkatkan pendapatan iklannya. Namun, nggak satu pun dari game saat ini yang tampaknya berisi iklan atau menawarkan pembelian dalam aplikasi.

Platform media sosial ByteDance sebenarnya sudah nggak asing dengan game. Reuters sebelumnya melaporkan bahwa game juga bisa dimainkan melalui aplikasi versi Tiongkok-nya (Douyin) sejak 2019, dan itu sudah memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming langsung game, lho.

November lalu, Zynga mengumumkan kesepakatan untuk menghadirkan game bernama Disco Loco 3D secara eksklusif ke TikTok. Tetapi belum diketahui apakah game tersebut tersedia di Indonesia dalam waktu dekat. Yang pasti, TikTok lagi-lagi satu langkah di depan para pesaingnya dalam membuat pengguna semakin betah di aplikasinya.(*)

Foto: TikTok

Artikel Terkait
Tech
Kesal Lihat Postingan Rekomendasi di Instagram? Begini Cara Mematikannya

Tech
TikTok Uji Coba Feed ‘Nearby’ Baru, Buat Nampilin Konten Lokal

Tech
Google Uji Coba Fitur Main Game Langsung dari Hasil Pencarian