Sport

Terlalu Gendut, Pelicans Beri Klausul Berat Badan dalam Kontrak Zion Williamson

Tora Nodisa

Posted on July 29th 2022

Foto: ESPN.com

Dalam sejarah NBA, tentu ditemukan banyak sekali klausul kontrak yang unik dari para pemain. Tetapi baru kali ini, ada klausul tentang berat badan. Itulah yang tertulis dalam kontrak baru Zion Williamson dengan New Orleans Pelicans. Sebab, Zion terlalu gendut, sehingga performanya kurang maksimal. Uniknya, ada syarat berat badan yang harus dipenuhi Zion kalau dia tidak ingin gajinya dipotong. 

Berat badan Zion Williamson telah menjadi isu panas sejak ia pertama kali muncul sebagai calon pemain NBA. Sebelum kamp pelatihan, atau saat dia jadi pemain di level kampus, ​​Williamson terdaftar dengan berat 106,5 kilogram. Ketika diukur oleh tim NBA untuk masuk dalam draft, ternyata beratnya mencapai 124 kilogram. Anehnya, saat Pelicans melakukan pengukuran berat badan saat dia pertama kali masuk ke tim tersebut, berat Zoin naik jadi 128,8 kilogram. 

Zion memang jadi pilihan pertama dalam NBA draft 2019. Tapi dia hanya bermain 24 pertandingan sebagai rookie karena cedera lutut. Di musim kedua (2020-21) dia mencetak rata-rata 27 poin per game dengan 61,1 persen tembakan. Kemudian di musim ketiga (2021-22) dia tidak bermain sama sekali karena mengalami patah kaki, dan penyembuhannya tidak sempurna. 

Sekarang Williamson akan kembali ke Pelicans untuk tahun keempat, dan melakukan perpanjangan kontrak. Uniknya, Pelicans tidak mau bintang mudanya itu jadi beban di kemudian hari. Akhirnya manajemen memasukkan klausul berat badan dalam kontraknya. Berat ini juga termasuk persentase lemak dalam tubuhnya. Menurut Christian Clark dari Nola.com, Pelicans bisa memotong gaji Zion ketika berat badan dan persentase lemak tubuhnya di atas 133 kilogram. 

Klausul kontrak unik yang diberikan Pelicans mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Sebab, nilai kontrak yang disodorkan tidak sedikit. Zion dikontrak dengan nilai AS$193 atau setara dengan 2,8 triliun rupiah untuk lima tahun. Kontrak itu bisa ditingkatkan nilainya hingga 3,4 triliun rupiah kalau Zion tetap sehat dan tampil dalam lima musim. 

Sayangnya, banyak yang pesimis kalau Zion Williamson bisa memenuhi klausul tersebut. Artinya, Zion tidak melanggar batas berat badan yang ditetapkan oleh Pelicans. Sebab, baru-baru ini muncul foto Zion di Twitter yang diperkirakan berat badannya mencapai 136 kilogram. 

Dikutip dari Heavy.com, Zion Williamson sudah keterlaluan dengan kondisi tubuhnya sendiri. Prediksinya, Zion bakal mendapatkan pemotongan gaji di musim pertama. Karena sulit bagi seseorang melakukan kardio, ketika dia pernah mengalami patah tulang metatarsal, seperti yang dialami Zion. Mustahil bagi dia untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Tapi tim kesehatan Pelicans, tentu punya segudang cara untuk menurunkan berat badan pemain bintangnya tersebut. (*)

Artikel Terkait
Sport
Bikin 20 Poin Tiap Game Sepanjang 10 Laga, Zion Williamson Cetak Rekor NBA

Sport
Zion Williamson: 80% Pemain NBA Suka Anime

Sport
Zion 1 Belum Dipakai Bertanding, Jordan Brand Sudah Rilis Zion 2