Lifestyle

Converse Hidupkan Kembali Kenangan tentang Komik 'Peanuts'

Tora Nodisa

Posted on July 29th 2022

Foto: Converse Indonesia

Mungkin hanya sebagian dari generasi sekarang yang tahu tentang komik "Peanuts". Tapi kalau disebutkan atau melihat tokoh-tokohnya, tentu kalian akan ingat. Tokohnya yaitu Charlie Brown (AKA Chuck), Snoopy, Woodstock, dan banyak lagi karakter lucu yang muncul dalam komik strip buatan Charles M. Schulz ini. Karena sudah tidak terbit lagi, Converse mencoba untuk membuka kenangan dan kelucuan mereka melalui produk kolaborasi terbaru mereka. 

Peanuts adalah strip komik harian yang ditulis dan diilustrasikan oleh Charles M. Schulz. Mulai beredar sejak 2 Oktober 1950 hingga sehari setelah kematian Schulz, yaitu di tanggal 13 Februari 2000. Komik ini adalah salah satu yang paling populer dan berpengaruh dalam sejarah media strip komik. Pada puncak kejayaannya, Peanuts dimuat pada lebih dari 2.600 surat kabar, dengan pembaca sekitar 355 juta orang di 75 negara, dan diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. 

Komik ini mendorong terciptanya standar empat bingkai strip komik di Amerika Serikat. Selain itu, Peanuts juga sukses ketika dibuat film kartun dan layar lebar, seperti "A Charlie Brown Christmas" dan "It's the Great Pumpkin". 

Dengan alasan ingin membangkitkan memori tentang kelucuan karakternya, maka Converse membuat proyek kolaborasi dengan Peanuts. Akhirnya lahirlah "Converse X Peanuts" yang dikeluarkan mulai dari sepatu hingga pakaian untuk dewasa dan anak-anak. Sepatu sendiri dibuat dengan model Chuck Taylor All Star, Chuck 70, dan One Star dengan label limited edition. 

Kolaborasi ini diharapkan membawa penggemar serial animasi, baik anak-anak maupun orang dewasa, akan dapat mengingat kembali karakter ikonik Peanuts. Karena terdapat gambar lucu yang menceritakan tentang petualangana mereka. Kisah-kisah tak terlupakan dari Charlie Brown dan kawan-kawan juga ditampilkan dalam kolaborasi ini. Koleksi Converse x Peanuts diluncurkan 24 Mei 2022 dalam rilis globalnya. Dan, baru saja dirilis pada tanggal 26 Juli 2022 di Indonesia. 

Sekadar pengayaan pengetahuan saja, kalau Peanuts dimulai ketika Charles M. Schulz membuat karya berjudul Li'l Folks. Karya itu merupakan sebuah komik panel mingguan yang muncul di surat kabar di kota St. Paul Pioneer Press, dari 1947 hingga 1949. Ketika karyanya dipilih oleh United Features Syndicate, mereka memutuskan untuk membuat strip komik saja. Formatnya mirip dengan komik panel, hanya saja tokohnya dibuat lebih jelas. 

Ternyata pada waktu itu, ada komik berjudul Li'l Abner karya Al Capp. Akhirnya Schulz tidak bisa lagi memakai nama Li'l Forks, agar tidak terjadi kebingungan di kemudian hari. Schulz kemudian memilih judul baru yaitu "Peanuts", makanan yang tidak dia sukai sama sekali. Dalam sebuah wawancara tahun 1987, Schulz mengatakan kalau pemilihan nama "Peanuts" tersebut tidak ada artinya. Namun justru dia mendapatkan berkah dari nama tersebut. Schulz akhirnya meninggal pada 12 Februari 2000 karena komplikasi kanker usus. Strip komik "Peanuts" terakhir karya Schulz diterbitkan sehari setelah kematiannya. Sejak saat itu, "Peanuts" digambar oleh orang lain. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Dua Brand Streetwear Legendaris Converse dan Stussy Rilis Sepatu Kolaborasi

Lifestyle
Koleksi Terbaru Converse Chuck 70 Terispirasi dari NBA All-Star 1988

Lifestyle
Converse Chuck 70 "Layers", Terinspirasi dari Kacamata 3D