Tech

Fitur YouTube ‘Edit into a Shorts’ Bantu Kreator Buat Shorts dari Video Panjang

Jingga Irawan

Posted on July 29th 2022

Tak hanya Instagram, YouTube tampaknya juga tak sabar meningkatkan jumlah video Shorts-nya agar dapat bersaing dengan TikTok. Untuk itu, perusahaan meluncurkan fitur baru yang bisa mengubah video YouTube ter-upload menjadi video pendek dengan cepat.

Pembaruan itu telah tersedia di aplikasi seluler YouTube. Nantinya, kreator video bisa dengan mudah memilih bagian menarik dari video apa pun yang telah mereka unggah sebelumnya, lalu mempublikasikan klip video itu sebagai konten YouTube Shorts.

Perusahaan juga bisa dengan cepat mengonversi video di bawah 60 detik yang diunggah pengguna menjadi vertikal video pendek, meskipun konten awalnya diunggah sebagai video YouTube standar. Dengan banyak fungsi baru ini, YouTube berharap kreator konten bisa lebih aktif lagi membantu memperbanyak Shorts.

Langkah ini memperlihatkan kekhawatiran perusahaan induk YouTube, Google, soal dominasi TikTok dalam bisnis video pendek. Pasalnya, YouTube masih bergantung pada video berdurasi panjang. Pada April ini misalnya, YouTube mengumumkan bahwa setiap video YouTube publik dapat di-remix menjadi YouTube Shorts kecuali kreator memilih menonaktifkannya.

Baca Juga: Gmail Punya Tampilan Baru, Tapi Gak Beda Jauh dengan yang Lama

Namun, “Edit into a Shorts” tak seperti fitur Cut, yang memungkinkan kalian menggunakan lima detik dari video yang lebih panjang dalam Shorts. Juta tak seperti Clip, yang dapat diubah menjadi Pendek. Fitur “Edit into a Shorts” tak dapat digunakan pada unggahan pengguna lain. Itu hanya akan muncul di menu Create jika kalian punya video yang sudah di-unggah.

YouTube juga telah memberi insentif kepada kreator agar menggunakan Shorts dengan menyiapkan dana untuk membayar kreator jika mereka meng-upload Shorts. Pada Juni, YouTube mengatakan bahwa lebih dari 1,5 miliar orang menonton Shorts setiap bulannya.

Fitur pembuatan Shorts baru diluncurkan mulai hari ini di aplikasi seluler YouTube untuk perangkat iOS dan Android.(*)

Foto: YouTube

Artikel Terkait
Tech
Cegah Bullying, Instagram Bikin 3 Fitur Baru Ini

Tech
YouTube Shorts Fund Resmi Diperluas Ke 70 Negara, Termasuk Indonesia!

Tech
Mirip TikTok, Download Shorts dari YouTube Bakal Dikasih Watermark